assalamualaikum

selamat datang di blog kami semoga apa yang kami sajikan bisa bermanfaat bagi kita semua amin

Kamis, 14 Maret 2013

Problem Based Instruction (PBI)



ABSTRAK

Muhammad Ha’iz. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap prestasi belajar fisika pada pokok bahasan gerak lurus siswa kelas X SMA Negeri 1 Labuhan Haji tahun pelajaran 2012/2013. Skripsi. Selong: Sekolah Tinggi  Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Hamzanwadi Selong, Oktober 2012. Pembimbing I Tsamarul Hizbi, M.Pd, Pembimbing II Badrul Wajdi, M.Pd, M.Si.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap prestasi belajar fisika pada pokok bahasan gerak lurus siswa kelas X SMA Negeri 1 Labuhan Haji tahun pelajaran 2012/2013.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan true experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Labuhan Haji yang berjumlah 7 kelas yakni kelas XA, XB, XC, XD, XE, XF dan XG. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan menggunakan Claster Random Sampling, dan yang terpilih sebagai sampel adalah kelas XE sebagai kelas eksperimen dan XD sebagai kelas kontrol. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji t.
Setelah analisa data dilakukan, diperoleh harga thitung = 4,884 dan ttabel = 1,670 pada taraf signifikasi 5% dengan dk=59. Karena thitung>ttabel  (4,884>1,670) maka H0 ditolak dan Ha diterima  yang berarti bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Instruction lebih berpengaruh dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Instruction ada pengaruhnya terhadap peningkatan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Labuhan Haji tahun ajaran 2012/2013.

Kata Kunci: Pengaruh, Problem Based Instruction, Prestasi Belajar



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar