assalamualaikum

selamat datang di blog kami semoga apa yang kami sajikan bisa bermanfaat bagi kita semua amin

Kamis, 14 Maret 2013

GUMI SASAK PADA MASA PRASEJARAH




A. ZAMAN PRASEJARAH PENGHUNI GUMI SASAK. DAN ASAL-MUASAL
Banyak peristiwaperistiwa penting yang terjadi di masa lalu hingga hari ini, akan tetapi sebagian besar peristiwa-peristiwa tersebut tidak dicatat atau ditulis. Pada masa tersebut mungkin orang belum mengenal huruf atau budaya baca-tulis sehingga tidak ada keterangan-keterangan yang ditinggalkan secara tertulis. Sumber-sumber yang menjadi informasi adalah penemuan benda-benda arkeologis seperti penemuan tengkorak, tulang-belulang manusia purba, alat-alat dan senjata sederhana serta jejak jejak yang ditinggalkan pada lingkungan alam (geologis). Masa itu disebut dengan zaman prasejarah. Sedangkan masa setelah manusia mengenal tulisan sehingga berbagai peristiwa dapat tercatat, disebut sebagai zaman sejarah. Kehidupan nenek moyang Gumi Sasak pada zaman prasejarah sangat menarik untuk dipelajari serta memiliki ciri khas yang berbeda dengan suku-suku lainnya di Indonesia. Kekhasan tersebut dapat dilihat dari struktur dan model budaya yang kini berkembang. Berbagai penemuan-penemuan yang diperoleh oleh masyarakat belum mendapatkan jawaban karena memang belum dilakukannya penelitian dengan menggunakan teknologi tingkat tinggi seperti radioisotop. Sampai saat ini, sumber informasi yang dapat dijadikan sebagai kajian tentang perjalanan orang-orang Sasak sejak eksisnya di pulau Lombok adalah melalui cerita-cerita rakyat, babad lontar,
Barang-barang peninggalan masa lalu, dan hasil penemuan artefak/bukti arkeologis lainnya. Sementara cerita-cerita rakyat dan babad lontar ini secara keilmuan belum bisa dijadikan sebagai acuan ilmiah untuk mengetahui tentang kebenaran sebuah peristiwa dalam sejarah. Penemuan-penemuan di Gunung Piring, desa Truwai kecamatan Pujut,.Lombok Selatan oleh Proyek Penggalian dan Penelitian Purbakala Jakarta pada tahun 1976 sedikit banyak memberikan gambaran tentang tata-cara hidup serta sumber bahan makanan masyarakat suku Sasak masa larnpau. Adapun penemuan-penemuan tersebut berupa periuk utuh, kereweng, kerangka manusia,. sisa kulit kerang, arang, fragmen logam dan binatang. Selain penemuan arkeologis tersebut, juga ditemukan arca Budha Awalokiteswara, nekara dan batu nisan yang berhuruf China dan Arab. Penemuan-penemuan tersebut memberi sinyalemen bahwa masyarakat suku Sasak masa lampau telah menjalin hubungan yang intens dengan dunia luar. Dari penemuan benda-benda purbakala di Lombok Selatan dapat disimpulkan bahwa kira-kira pada akhir zaman perunggu, pulau Lombok bagian selatan telah dihuni oleh.sekelompok manusia yang sama kebudayaannya dengan penduduk di Gua Tabon Vietnam Selatan, penduduk di Pulau Pallawan-Filipina, penduduk di Gilimanuk Bali, dan penduduk di Malielo-Sumba. Menurut Drs. M. M. Sukarto dan Prof. Solheim, guru besar di Universitas Hawai, kebudayaan di Gunung Piring itu termasuk ke dalam Shan Huyn Kalanny Tradition. Umum diketahui bahwa manusia purba di Indonesia merupakan jenis homo sapiens. Terdapat dua ras homo sapiens di Indonesia, yaitu ras Mongoloid dan ras Austromelanesoid. Adapun penyebaran kedua ras tersebut:
1.        Ras Mongoloid, khusus sub ras Melayu-Indonesia, tersebar di sebagain besar wilayah Indonesia terutama Indonesia yang terletak di bagian barat dan selatan antara lain Sumatera, Jawa, Bali, dan Lombok.
2.        Ras Austromelanesoid, tersebar di wilayah Indonesia bagian timur terutama Irian Jaya dan pulau-pulau sekitamya.
Nenek moyang suku bangsa Indonesia menyusuri lembahlembah sungai di Vietnam dan Thailand sampai di Semenanjung Malaya. Kemudian dengan menggunakan perahu bercadik mereka datang ke nusantara, mendarat di Sumatera, Jawa, Kalimantan Barat, Bali, Nusa Tenggara termasuk Lombok sampai ke Flores dan Sulawesi Selatan. Berdasarkan penjelasan di atas, maka penghuni suku di pulau Lombok berasal dari Asia Tenggara. Adapun kemudian penduduk pendatang nusantara berasal dari Bali, Sulawesi Selatan, Jawa, Kalimantan, Sumatera, Maluku dan Nusa Tenggara Timur.

B. KEHIDUPAN ZAMAN PRASEJARAH DI GUMI SASAK
Salah satu petunjuk tentang kehidupan masa lampau adalah adanya berbagai peninggalan, termasuk peninggalan berupa jejak geologis yang dapat diamati pada bentangan alam. Lokasi Belongas, Sekaroh dan lokasi sekitarnya merupakan wilayah berbatu kapur yang kini kurang subur dan ditumbuhi semak-semak lantana. Ketidaksuburan ini disebabkan oleh kebiftsaan nenek moyang suku Sasak pada masa meramu yang biasa hidup berpindah-pindah. Nenek moyang suku Sasak pada awalnya hidup berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya untuk mengumpulkan bahan makanan dari hewan dan tumbuhan. Kemudian pada tahap selanjutnya nenek moyang suku Sasak bermukim (bertempat tinggal) secara berkelompok. Hidupnya sudah lebih teratur dan membentuk pola-pola kepemimpinan di tempat tinggalnya. Klasifikasi pemukiman masyarakat Sasak zaman prasejarah terdiri dari pemukiman di daerah pantai dan pemukiman di daerah pedalaman. Dijelaskan sebagai berikut:
1.      Pemukiman di daerah pesisir pantai.
Nenek moyarig kita yang tinggal di pesisir pantai mengambil makanan dari pantai dan laut. Bukti tentang kelileradaannya adanya alat yang ditemukan seperti jaring (kerakat), alat penangkap cumi-cumi dan adanya sisa kerang.
2. Pemukiman di daerah pedalaman.
Nenek moyang kita yang tinggal di daerah pedalaman (hutan) melqgambil bahan makanannya dari hutan maupun sungai-sungai yang ada di dalam hutan. Adapun jenis alat yang telah ditemukan dan kini disimpan di Museum NTB yaitu alat-alat berburu seperti tombak, jaring, serta kodong ipin yang digunakan untuk menangkap udang dan kodong lindung yang dipergunakan untuk menangkap belut.


C. SISTEM KEPERCAYAAN
Kehidupan menetap menimbulkan ikatan antara manusia dengan alam sekitarnya. Dengan demikian nenek moyang orang Sasak (Lombok) percaya bahwa setiap benda memiliki roh yang disebut kepercayaan animisme. Bukti nenek moyang orang Sasak percaya adanya roh-roh nenek moyang adalah penemuan situs penguburan di Gunung Piring yang berada di daerah perbukitan. Menurut mereka, di bukit-bukit yang tinggi tersebutlah roh nenek moyang bersemayam. Selain itu, mereka percaya bahwa setiap benda memiliki kekuatan gaib. Oleh sebab itu, mereka menyembah dan memuja roh-roh agar tidak terjadi bencana alam. Salah satu alat upacara yang dipergunakan oleh nenpk moyang orang Sasak adalah nekara. Hal ini terbukti dengan adanya penemuan nekara di desa Pringgabaya pada tahun 1999. Akan tetapi sangat disayangkan bahwa nekara tersebut rusak pada saat penggalian materi batu di wilayah tersebut. Nekara yaitu semacam tambur besar, bentuknya seperti dandang terbalik dan dijadikan sebagai benda pusaka, dianggap suci dan dipuja pada waktu mengadakan kegiatan upacara.
Seiring dengan semakin banyaknya pengaruh dari luar, maka integrasi kepercayaan lokal dengan luar menimbulkan adanya sinkretisme dalam ajaran-ajaran yang telah dianut sehingga muncul sistem kepe.rcayaan yang disebut Boda. Boda merupakan anasir atau unsur dari berbagai kepercayaan. Yaitu unsur dari animisme, yang percaya bahwa segala sesuatu mempunyai roh, kemudian dinamisme, yang percaya bahwa setiap makhluk memiliki kekuatan gaib, juga antropomorfisme yang melakukan pengenaan ciri-ciri manusia pada binatang atau benda mati, serta politeisme yang percaya terhadap banyak Tuhan. Pengaruh sinkretisme di dalam kepercayaan Boda ini, masih bertahan hingga pertengahan abad ke 20 ini, yaitu masih mempercayai adanya kekuatan makhluk supernatural. Makhluk tersebut antara lain:
1.      Betara Guru, yaitu raja dewa-dewa yang menurunkan raja-raja Lombok.
2.      Bidadari, yaitu sebangsa dewi yang hidup di Madya antara awang-awang.
3.      Bebodo', yaitu sebangsa hantu yang berkeliaran bila magrib tiba, terutama pada malam Jum'at. Itulah sebabnya pada saat-saat itu, anak-anak dilarang bermain-main. la suka menyembunyikan anak kecil yang diberi makan ulat. Untuk menemukannya dipukulkan parang buntung.
4.      Bake', juga sebangsa hantu yang sangat jahat membuat manusia sakit. Tempat tinggalnya di hutan, batu-batu besar dan pohon kayu yang rindang.
5.      Belata',.sama halnya dengan bake, hanya perbedaannya belata makan orang.
6.      Bebai, sejenis makhluk halus yang kecil, tidak semua orang dapat melihatnya. Bebai dipelihara oleh selak.
7.      Sela', sebenarnya bukanlah makhluk halus melainkan manusia biasa. Seorang dapat menjadi sela disebabkan memiliki ilmu sejenis sihir. Oleh sebab itu, ia dapat menjadi sesuatu sesuai kehendaknya. Ada juga orang menjadi sela' karena keturunan, demikian juga orang yang beristrikan sela', maka ia menjadi sela'. Jenis sela' ada dua yaitu:
a.       Sela' Beleq, kekuatannya lebih besar dan lebih hebat dalam menghancurkan kekuatan lawan. Umumnya memakan bangkai dan kotoran manusia.
b.      Sela' Bunga, hidupnya di angkasa dan selalu mencari musuh di malam hari. Sela' bunga tidak memakan makanan yang kotor seperti halnya sela' beleq.



ZAMAN KUNO GUMI SASAK
Pada periode akhir zaman prasejarah, masyarakat Gumi Sasak telah mulai mengenal kehidupan secara teratur. Nenek moyang orang Sasak melakukan hubungan dengan dunia luar sehingga berbagai peralatan semakin berkembang dengan adanya sating tukarmenukar barang, mulai dari barang-barang untuk melengkapi kebutuhan hidup sehari-hari hingga perhiasan. Benda-benda dari hasil temuan tersebut merupakan kekayaan budaya material yang dapat menggambarkan tentang aktivitas dan kreativitas kehidupan masa lalu. Penemuan lain seperti, piring porselin dan buli-buli, menunjukkan adanya hubungan masyarakat gumi Sasak dengan China. Piring porselin tersebut diperkirakan berasal dari abad XII M sampai dengan abad XIII M pada masa Dinasti Sung. Sedangkan buli-buli berasal dari masa Dinasti Yuan abad XIII M dan XIV M. Selain itu, ditemukan juga kedudeng, yang biasa dipergunakan sebagai perhiasan pada masyarakat desa Bayan. Hal ini sangatlah beralasan karena bangsa China telah menguasai jalur perdagangan laut. Perdagangan lewat jalur laut memungkinkan terjadinya arus dagang dalam jumlah besar sehingga barang-barang yang berasal dari China juga banyak ditemukan di Gumi Sasak. Penemuan batu nisan yang bertuliskan huruf China dan Arab di Pringgabaya masih belum menunjukkan jawaban yang pasti tentang hubungan China dengan Islam di Gumi Sasak karena belum adanya kajian secara khusus tentang hal tersebut.
A.    PENGARUH HINDU-BUDHA
Dalam kehidupan yang lebih teratur, nenek moyang kita menerima berbagai pengaruh baik yang berasal dari pengaruh agama Budha maupun pengaruh dari agama Hindu. Pengaruh Agama Budha telah dapat diketahui sejak awal keberadaan kerajaan-kerajaan yang ada di Indonesia seperi Kutai, Tarumanegara dan Sriwijaya. Ketika kerajaan Sriwijaya berkuasa, pulau Lombok (Gumi Sasak) disebutkan sebagai wilayah kekuasaannya. Adapun wilayah. kekuasaan Sriwijaya meliputi: Sin-to (Sunda), yang berbatasan dengan Yong-ya-lu (Jenggala); Batas Suchi-ton (Sriwijaya), adalah Suito. Disamping kekuasaan Yong-ya-lu juga Ta-ban (Tumapel), Pohu-yuan, Ma-teng (Medang), Hsi-ning, Teng-che, Ta-kang, Huanma-chu, Ma-li (Bali) Niu-lun (Lombok), Tan jung-wu-lo (Tanjung Pura, Kalimantan), Ti-wu (Timor), Peng-ya-i (Banggai, Sulawesi), Wa-nu-ku (Maluku) Bukti konkrit adanya pengaruh agama Budha di Gumi Sasak adalah:
1.     Temuan empat buah arca Budha dari perunggu pada tahun 1960 di Lombok Timur tepatnya di Batu Pandang, kecamatan Pringgabaya, Lombok Timur. Keempat patung Budha tersebut kini disimpan di Museum Nasional Jakarta. Dua di antara patung tersebut dikenal sebagai Tara dan Awalokiteswara. Menurut Dr. Soekmono, satu diantaranya mirip dengan patung Budha yang terdapat di candi Borobudur berasal dari abad IX M danX M.
2.     Penemuan sebuah genta di Pendua, desa Sesait, kecamatan Gangga Lombok Barat. Genta yang ditemukan terbuat dari perunggu, bentuknya menyerupai stupa dengan tangkai bagian atas diberi hias wajra berujung lima. Wajra adalah tanda dewa Indra atau tanda pendeta Budha. Setelah runtuhnya kerajaan Sriwijaya, maka muncullah kerajaan Majapahit. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan keruntuhan Sriwijaya, diantaranya adalah: serangan dari Colomandala di India, daerah kekuasaan di Semenanjung Malaya melepaskan diri, munculnya Kertanegara sebagai raja Singasari yang bercita-cita menyatukan nusantara, serta adanya ekspedisi Pamalayu tahun 1275 M. Kerajaan Majapahit Merupakan kerajaan yang bercorak Hindu terbesar dan memiliki pengaruh sangat luas di nusantara.
Keberadaan pulau Lombok (Gumi Sasak) sendiri tertulis dalam kitab Negara Kertagama karya Mpu Prapanca pada zaman kerajaan Majapahit. Nama pulau Lombok disebutnya dalam Sarga XIII dan XIV dengan perincian sebagai berikut: "Jawa, Sumatera, Kalimantan, Semenanjung Malaya, Maluku, Nusa Tenggara, Sulawesi dan Irian Jaya. Sesudah gurun maka sampailah kita ke daerah pulau Lombok Mirah Sasak yang utama". Sebagai wilayah kekuasaan Majapahit, maka pengaruh agama Hindu berkembang juga di Gumi Sasak. Hal itu dibuktikan melalui:
1.            Temuan Arca Siwa Mahadewa Tahun 1950, di Batu Pandang, Desa Sapit Kecamatan Pringgabaya, Lombok Timur. Arca tersebut bergaya Jawa-Tengahan abad IX M.
2.            Adanya tradisi (lisan?) masyarakat Pujut yang menyatakan bahwa asal usul nenek moyang mereka berasal dari Majapahit melalui Raden Mas Mulia. Raden Mas Mulia kawin dengan putri Dewa Agung Putu Alit dari Klungkung bernama Dewi Mas Ayu Supraba. Dari Bali, Mas Mulia berangkat menuju Lombok disertai 17 keluarga dan menetap di Pujut.
B. KERAJAAN TERTUA GUMI SASAK
 Kerajaan-kerajaan yang pernah berkuasa di Pulau Lombok pada masa lampau adalah sebagai berikut:
1.             Menurut babad Lombok kerajaan tertua di Lombok terletak di desa Lae' diperkirakan di sekitar Sambelia. Beberapa tahun pindah dan membangun negeri baru yang disebut Pamatan di kecamatan Aikmel. Ketika meletusnya gunung Rinjani, penduduk kerajaan ini terpencar-pencar antara lain ada yang ke Batudendeng kemudian Suwung yang terletak di sebelah utara Perigi. Rajanya bernama Batara Indra. Setelah itu lahirlah kerajaan Lombok yang dipimpin oleh Raden Maspahit.
2.             Sumber lain mengatak°an,bahwa setelah kerajaan Lombok dihancurkan oleh tentara Majapahit, Raden Maspahit melarikan diri ke dalam hutan, dan sekembalinya tentara itu Raden Maspahit membangun kerajaan baru yang bernama Batu Parang yang kemudian terkenal dengan nama Selaparang.
3.             Sumber yang lain lagi mengatakan bahwa pada abad ke XIII M disebutkan kerajaan Perigi yang dibangun oleh sekelompok transmigran dari Jawa di bawah pimpinan Prabu Inopati. Ketika Majapahit mengirimkan ekspedisinya ke pulau Bali tahun 1343 M diteruskan ke Lombok di bawah pimpinan Empu Nala untuk menaklukkan Selaparang. Setelah.berhasil ditaklukkan, Gadjah Mada sendiri datang ke Lombok yang saat itu dikenal dengan nama Selapawis. Kedatangan Gadjah Mada ke Lombok ditulis dalam sebuah memori yang disebut Bencangah Pinan. Sejak kehancuran Selaparang Hindu, muncul kerajaan-kerajaan kecil di pulau Lombok, diantaranya adalah kerajaan Mumbul yang berpusat di Labuhan Lombok.
4.             Kira-kira pada abad IX M sampai abad ke XI M di Lombok berdiri satu kerajaan bernama kerajaan Sasak (diketahui dari kentongan perunggu di Punjungan Tabanan). Mengenai bentuk dan susunan pemerintah kerajaan ini tidak diketahui dengan pasti. Kentongan tersebut merupakan peringatan kemenangan Negara Sasak atas Bali yang kira-kira dibuat setelah jaman Anak Wungsu (1077 M).
5.             Kerajaan Kedaro, merupakan kerajaan yang terletak di Belongas, rajanya bernama Ratu Maspanji berasal dari Jawa, kemudian pindah ke Pengantap dengan nama kerajaan Samarkaton. Peninggalan kerajaan ini ialah pakaian kerajaan yang disimpan oleh Amaq Darminah di Belongas. Demikian pula alat-alat upacara seperti gong, saat ini masih tersimpan di Penujak. Kerajaan ini berakhir ketika terjadi serangan dari kerajaan Langko yang dipimpin oleh Patih Singarepa dan Patih Singaulung.

ASAL-USUL NAMA SASAK LOMBOK
A.    ASAL NAMA SASAK DAN LOMBOK
 Sasak dan Lombok memiliki arti yang beraneka ragam. Adapun arti Sasak dan Lombok dapat dijabarkan sebagai berikut:
1.              Sumber lisan: Sasak, karena zaman dahulu ditumbuhi hutan belantara yang sangat rapat.
2.              Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa: Sasak diartikan buluh bambu atau kayu yang dirakit menjadi satu.
3.              Kitab Negarakertagama (Decawanana): Sasak dan Lombok dijelaskan bahwa Lombok Barat disebut Lombok Mirah dan Lombok Timur disebut Sasak Adi.
4.              Dr. C.H. Goris: "Sasak berasal dari bahasa Sansekerta (Sak = pergi dan Saka = asal). Jadi Orang Sasak adalah orang yang meninggalkan negerinya dengan menggunakan rakit sebagai kendaraannya. Orang yang pergi: tersebut dimaksudkan adalah orang Jawa. Hal ini dibuktikan dengan adanya silsilahpara bangsawan dan juga hasil sastra digubah dalam bahasa Jawa Madya dan berhuruf Jejawan (huruf sasak) ".
5.              Dr Van Teeuw dan P. De Roo De La Faille: "Sasak berasal dari pengulangan tembasaq (kain putih) yaitu saqsaq sehingga menjadi Sasak dan kerajaan Sasak berada di sebelah barat daya ".
6.              Ditjen Kebudayaan Provinsi Bali: "Di Pujungan Tabanan Bali terdapatsebuah tongtong perunggu yang dikeramatkan bertuliskan "Sasak dana prihan, srih javanira ". Tongtong itu ditulis setelah Anak Wungsu, sekitar abad ke- 12 M.
7.              Dalam babad Sangupati: "Lombok terkenal dengan nama Pulau Meneng (sepi) ". 8. Steven van der Hagen: "Pada tahun 1603 di Labuan Lombok banyak beras yang murah dan hampir setiap hari dikirim ke Bali sehingga pelabuhan Lombok dipopulerkan menjadi Lombok".
Sampai akhir abad ke-19, pulau Lombok terkenal dengan nama Selaparang. Kerajaan ini semula bernama Watu Parang kemudian berubah menjadi Selaparang. Dalam suatu memoar tentang kedatangan Gadjah Mada di Lombok, waktu itu pulau Lombok disebut Selapawis (bahasa kawi: sela berarti batu dan pawis berarti ditaklukan). Jadi Selapawis berarti batu yang ditaklukan.

B.     SASAK DAN LOMBOK SEBUAH SATU KESATUAN
Sasak dan Lombok mempunyai kaitan yang erat sehingga tidak dapat dipisahkan. Keduanya terjalin menjadi satu yang berasal dari kata Sa'sa'Loombo. Kata sa' artinya satu, dan lombo' artinya lurus. Dengan demikian, Sasak Lombok berarti satunya lurus atau "satu-satunya kelurusan". Selanjutnya dijelaskan arti dan makna Sasak Lombok ditinjau dari beberapa segi, antara lain:
1.        Segi Bahasa. Bahasa sasak sangat sederhana, paling banyak hanya terdiri dari dua suku kata. Cukup dengan menambahkan kata "timur" atau "barat", dan "utara" atau "selatan". Contoh, mamben lauq, mamben deye. Kemudian apabila di tempaf itu berdiri sebuah pohon, misalnya pohon asam, maka dusun yang dicarikan nama itu, cukup dinamakan dengan "Dasan Bagik" (bagik = asam),
2.        Segi keyakinan dan bermasyarakat. Suku Sasak bersandar pada Sa'sa' Lombo', sebagai sesuatu yang diyakini. Hal ini berpengaruh positif dalam hidup dan kehidupannya. Adapun sikap-sikap yang dimaksudkah dalam hidup beragama yaitu:
a.       Penyerahan diri kepada Tuhan (Tauhid). "aninya orang yang
b.      Taat kepada Tuhan.
c.       Taat kepada pemerintah.
d.      Taat kepada orang tua.
Suku sasak sangat teguh memegang apa yang diajarkan kejujuran sebelumnya begitupula dalam hidup bermasyarakat seperti:
a.        Penyebaran Islam pada tingkat permulaan, yang shalat hanya para mubalig, karena mereka sangat taat dengan ajaran yang sudah diterimanya dari guru yang pertama tadi. Hal ini terbukti pada masyarakat yang dinamakan "Islam Wetu Telu".
b.        Penduduk Lombok sangat taat kepada orang tua (ibu bapak atau orang yang lebih dewasa). Jika orang tua telah memiliki pendapat atau saran, maka yang lainnya harus ikut pendapat atau saran tersebut.
c.        Kejujuran atau kesederhanaan. Mereka beranggapan bahwa orang yang lebih tua dan patut lebih dihormati itu tidak akan membohonginya. Itulah yang menjadi dasar bagi masyarakat "Waktu Telu" pada masa transisinya, bahwa untuk menjalankan syari'at agama, lebih banyak diserahkan pada para kyai dan pemangkunya.
3.        Segi ketaatan kepada pemerintah. Orang sasak sangat taat dalam menjalankan ajaran agamanya. Adanya ajaran-ajaran taat kepada Tuhan, taat kepada Rasul dan taat kepada pemerintah, merupakan ajaran yang harus dijalankan.secara murni dan apa adanya. Dalam hal ini nampak kelemahan bagi mereka yang bulat-bulat menyerahkan persoalannya kepada seorang pemimpin. Kalaupun ada yang kemudian temyata menipunya, mereka juga tidak akan memberikan reaksi yang berlebihan. Palingpaling mereka akan menggerutu dan dalam bahasa sasak mengatakan: "la penje ia penjahit, ia pete id dait, bagus pete bagus tedait, lenge pete lenge tedait". Dari penjelasan tersebut di atas maka dapat disimpulkan nama suku dan pulau ini berasal dari Sa'sa'Lombo' menjadi "Sasak Lombok" yang artinya satu-satunya kelurusan. Sifat-sifat tersebut tercermin dalam sifat datu dan pemban pada masa lampau. Datu dan, pemban adalah sosok pemimpin yang mengayomi, mengemong rakyatnya. Pemimpinnya tidak mementingkan istana yang megah. Yang penting rakyatnya dapat makan. Hal tersebut merupakan salahsatu alasan yang kuat mengapa bangunan istana raja, datu atau pemban tidak ditemukan di Gumi Sasak. Dengan demikian orang Sasak Lombok adalah orang-orang yang menjunjung tinggi nilainilai kejujuran (kelurusan).
TATA BUDAYA ADAT SASAK
Suku sasak dikenal sebagai suku yang menjunjung tinggi nilai-nilai etika dan sopan santun, baik terhadap sukunya maupun terhadap suku lain yang datang dari luar daerah. Suku Sasak, sekalipun terdapat perbedaan dalam dialek bahasa dan budaya tapi tidak memperbesar perbedaan-perbedaan itu namun menjunjung tinggi azas kebersamaan dan persatuan, seperti pepatah yang mengatakan "bulat air dalam pembuluh, bulat kata dalam mufakat ". Suku sasak sangat disegani oleh siapapun karena sifat-sifatnya yang arif, terutama dalam menghargai nilai-nilai budaya adat yang dimulai dengan menghormati dan menghargai sesama umat manusia dari seluruh lapisan masyarakat yang paling bawah (panjak pirak, jajar karang, kiai penghulu, raden ida dani para pengelingsir). Sebagai implementasi dan penjabaran dari adat (cara yang telah disepakati oleh ida dani para penglingsir pemangku adat) tempo dulu suatu pola pelaksanaan adat, bagaimana kita saling menghargai, seberapa jauh kebijaksanaan orang tua (orang yang lebih dihormati) terhadap anak-anak, golongan yang lebih rendah, bagaimana hal ini dapat dicerminkan dalam sopan santun berbahasa dan bersikap berdasarkan posisi dan tingkat keberadaan suatu kelompok dengan kelompok lainnya. Untuk penerapannya dibuatlah awiq-awiq. Tidak diperlukan suatu proses upacara adat, penekanan pada penerapan sopan santun dan etika dalam bersikap dan berbahasa sesuai dengan tingkat dari hubungan kekeluargaan dan tingkat status sosial (prinsip sopan santun tata krama). Jika kita sebagai anak, maka harus menunjukkan hormat pada yang lebih tua dan sebagai orang yang lebih tua kita harus sayang kepada orang yang lebih muda dengan menunjukkan kearifan dan kebijaksanaan dengan sentuhan mendidik. Penerapan pola ini berlaku pada semua suasana, misalnya bagaimana kita bersikap dalam suasana duduk, makan atau berjalan bersama. Dalam kebersamaan itu harus dihiasi dengan tingkah laku, budi pekerti, adat dan tata krama sebagai seorang penerima tamu.


A. GARIS KETURUNAN DAN STRATIFIKASI SOSIAL
Pada umumnya, pelaksanaan tata budaya adat Sasak sering dikaitkan dengan garis keturunan. Untuk mengetahui tindakan, sikap yang harus dilakukan oleh orang Sasak, mereka harus memperhatikan garis keturunan. Orang Sasak melihat garis keturunan dari pihak orang tua laki-laki atau patrilineal. Masyarakat Sasak bisa menghitung keturunannya tujuh keturunan ke atas dan tujuh keturunan ke bawah. Adapun garis keturunan tersebut adalah seperti terlihat pada tabel berikut: Begitupula harus diperhatikan stratifikasi soal masyarakat. Pada masyarakat tradisional (zaman kerajaan) yang menempati status sosial tertinggi adalah golongan bangsawan (Raden); golongan kedua adalah masyarakat golongan ulama (Kyai, Penghulu), golongan ketiga adalah masyarakat biasa yang terdiri dari petani dan pedagang (Jajar Karang). golongan keempat adalah golongan orang-orang yang menghambakan dirinya atau suruhan (Panjak Pirak). Sedangkan pada masyarakat Sasak yang sudah modern, status sosial masyarakatnya berdasarkan pekerjaan dan tingkat pendidikan.
B. ADAT MENERIMA TAMU
1. Menerima Tamu Biasa.
Penerimaan tamu yang berasal dari orang-orang biasa, maka begitu tamu telah memberikan tanda ia telah datang, apakah dengan mengetuk pintu atau dengan cara memberikan salam (memarek) tuan rumah, dalam situasi ini segera mengambil sikap sebagai tuan rumah yang baik. Tuan rumah segera mempersilahkan masuk untuk duduk, tamu tidak boleh angkat bicara sebelum ada permintaan dari tuan rumah sebagai ungkapan hormat, tuan rumah mengatur sirih dan perlengkapannya dalam penginang (wadah), atau rokok dengan tatakan (lantar). Falsafahnya: bahwa keanekaragamannya isi penginang kalau semuanya dicampur dan dimakan akan menghasilkan citra rdsa nikmat dan hangat artinya manusia dalam berbagai perbedaan akan lebih indah jika ada kebersamaan dalam berbuat baik dalam keadaan susah dan senang, mempererat dan menghangatkan, tali kasih dan silaturrahmi diantara mereka. Setelah itu baru tuan rumah merespon apa maksud kedatangan tamu tersebut (perekan) dengan pembuka bicara, "Apa kabar saudara" (napi kabar sanak"), selanjutnya tamu menyampaikan maksud kedatangannya. Setiap ucapan selaras dengan gerakan anggota badan misalnya mempersilahkan dengan jempol yang dipapah dengan tangan kiri di bawah, disini kita harus hati-hati jangan sampai salah cara (sisip) dan jangan sampai tingkah laku membuat tuan rumah marah atau kecewa (menggah).
2. Menerima Tamu Pemerintah (Datu)
Tamu dari pemerintah ada dua versi yaitu tamu yang tidak memahami bahasa dan adat Sasak dan tamu yang memahami adat Sasak. Tamu yang memahami dan mengerti bahasa dan tata krama suku sasak, maka ungkapan hormat upacara penyambutan, ditunjukkan dengan bahasa dan etika. Misalnya, sebagai penerima tamu pada tahap awal kita harus menyusun tata cara penyambutan secara adat sasak dengan mempersiapkan sarana yang diperlukan seperti:
a.       Sirih, pinang, kapur sirih yang berada dalam satu wadah, (penginang).
b.      Payung agung berwarna, cerah yang memakai renda. Mempunyai falsafah yang menunjukkan betapa agung dan byaksananya tamu yang akan dipayungi oleh kebesaran dan tanggungjawabnya sebagai pemerintah dalam mengayomi rakyatnya secara adil.
c.       Selendang penghormatan, yang akah dikalungkan pada tamu dari tenunan ash Sasak. Falsafahnya: ³dengan segala kekurangan dan kelebihan kami (tuan rumah) sebagai rakyat akan mempersembahkan pengabdian apa adanya."
d.      Pasukan keamanan dengan senjata (keris/kelewang). Falsafahnya: berarti kami rela berkorban jiwa dan raga untuk membela pemerintah dan tanah air (datu dait gumi paer). Pasukan ini harus menggunakan pakaian adat dengan menggunakan penutup kapala (sapuq), kain pengikat pinggang (dodot) tempat menyelipkan keris. Hati-hati dalam penyelipan keris karena kalau di depan berarti menantang, apalagi kalau dibuka berarti perintah untuk menyerang, maka untuk penyambutan tamu harus diletakkan di belakang.
e.       Kesenian sasak seperti jidur, gendang beleq, kemong, suling, preret dan lain-lain. Falsafahnya: melambangkan kebahagiaan dan kemenangan yang diraihnya (gending Asmaradhana) dengan tarian kebahagiaan (egelan gagk mandiq).
f.       Pasukan penyambut laki-laki dan perempuan (Terune Dedare). Falsafahnya: berarti keakraban, keramahtamahan dan kebahagiaan karena didatangi oleh pemerintah (datu) . Adapun tata cara dan format penyambutannya adalah:
                                 1)         Sebelum tamu mendekati peristirahatan (pelungguhan) tamu disambut oleh barisan payung agung dengan pakaian penerima tamu utama, baju berwarna cerah yang dililiti kain tenun cerah sampai dada, penutup kepala dan kain batik, tidak boleh menggunakan alas kaki.
                                 2)         Selanjutnya barisan laki-laki dan perempuan menemani agar tamu merasa tidak risih.
                                 3)         Barisan keamanan (ksatria) memberikan rasa aman pada tamu. Pasukan ini tetap berjalan tegap menjaga berbagai kemungkinan yang akan terjadi. Pasukan berpakaian hitam dari penutup kepala sampai bawah (kain) dengan bunga yang disunting di telinga.
                                 4)         Barisan paling belakang adalah kesenian. Begitu tamu sampai di tempat peristirahatan (duduk) disambut dengan pengalungan selendang sebagai ucapan selamat datang oleh tiga putri sebagai pendamping. Perlengkapan penginang disuguhkan, baru kemudian tamu dipersilahkan duduk (melinggih).


UPACARA ADAT LINGKARAN HIDUP
Upacara kegiatan mi berkaitan dengan lingkaran (daur) hidup manusia yang perlu diupacarakan agar mendatangkan berbagai keberkahan dalam menjalankan kehidupan. Adapun upacara-upacara tersebut yaitu upacara kelahiran, upacara perkawinan, upacara kematian. Untuk mengetahui seluk beluk kegiatan upacara dimaksud, dapat diuraikan sebagai berikut:
A. UPACARA KELAHIRAN
1.           Bretes
Upacara bretes dilakukan setelah usiakandurigan tujuh bulan dengan maksud memberikan keselamatan kepada calon ibu dan bayinya. Setelah bayi lahir, ari-arinya diperlakukan sama dengan sang bayi, karena menurut mereka ari-ari adalah saudara sang bayi yang oleh orang-orang Sasak disebut adik-kakak, berarti bayi dan ari-arinya adalah adik-kakak. Setelah ari-ari dibersihkan kemudian dimasukkan ke dalam periuk atau tempurung kelapa setengah tua yang sudah dibuang airnya kemudian ditanam di wilayah penirisan yang diberi tanda dengan gundukan tanah seperti kuburan. Sebagai batu nisannya dipergunakan bambu kecil berlubang yang diletakkan berdampingan dengan lekesan daun sirih yang sudah digulung dan diikat dengan benang putih, pinang, kapur sirih dan rokok tradisional. Semua kelengkapan tadi'ditata dalam rondon. Rondon tersebut dari daun pisang yang berbentuk segi empat menyerupai kotak.
2.           Melahirkan
Anak Setelah itu mengadakan sesaji atau selamatan melalui upacara tertentu yang berkaitan dengan aktivitas kehidupan mereka seharihari, sebagaimana halnya yang dilakukan wanita Sasak apabila melahirkan, maka suaminya segera mencari belian (dukun beranak) yang mengetahui seluk-beluk melahirkan tersebut.
Dalam melahirkan, apabila calon ibu kesulitan dalam melahirkan maka belian atau dukun beranak menafsirkan bahwa tingkah laku sang ibu sebelum hamil, misalnya kasar terhadap suami atau ibunya, untuk itu diadakan upacara seperti menginjak ubunubun, meminum air bekas cuci tangan yang disertai dengan mantra dan sebagainya agar mempercepat kelahiran sang bayi.
3.           Molang Malik.
Pada saat bayi berumur tujuh hari diadakan upacara molang malik (membuang sial), diperkirakan dalam usia tersebut pusar bayi telah gugur. Pada kesempatan itulah sang bayi diberi nama dan diperbolehkan keluar rumah: Belian (dukun beranak) mengoleskan sepah sirih di atas dada dan dahi sang bayi maupun ibunya.
Di beberapa tempat di Lombok selairi upacara molang malik dikenal juga upacara pedaq api yang pada hakikatnya bertujuan sama. Prosesi pelaksanaan pedaq api adalah:
a.    Mem-boreh sang ibu dengan boreh yang sudah diramu atau dihaluskan dan diberi doa oleh dukun beranak.
b.    Setelah selesai memboreh lalu dukun menyiapkan bara api yang terbuat dari sabut kelapa yang ditaburi dengan kemenyan dari daun lemundi (sejenis tumbuhan perdu).
c.    Ibu bayi menggunakan kain secara bekemben (kain sampai batas dada) sambil menggendong bayinya dan berdiri di atas bara api dan kemudian dukun memberinya do'a/mantra.
d.   Setelah dukun beranak atau belian selesai berdo'a baru api disiram dengan air bunga rampe (medak api).
e.    Kemudian sang ibu menyembe' dan menjam jam (mendo'akan si bayi menurut kehendak sang ibu). Hal ini dilakukan apabila tali pusar sang bayi sudah kering dan terlepas dari pusarnya. Pada saat itu juga diadakan upacara turun tanah (turun giumi) dengan menurunkan bayi tersebut sebanyak tujuh kali ke atas tanah. Bertepatan dengan ini juga diadakan pemberian nama pada si bayi. Untuk bayi perempuan diturunkan bilamana terdapat alat nyesek (menenun) dan untuk bayi laki-laki diturunkan bilamana terdapat tenggele/bajak (alat pertanian). Umunmya di beberapa tempat, si bayi yang melangsungkan upacara pedaq api digendong memakai umbaq (lempot). Bila bayinya perempuan maka yang dipakai adalah umbaq yang dipakai milik ayah, sedangkan jika laki-laki maka yang dipakai adalah umbaq milik ibunya. Bagi orang Sasak Lombok, pusar si bayi yang sudah jatuh disimpan dan dibungkus dengan kain putih dan kemudian dimasukkan ke dalam tabung perak atau kuningan untuk dijadikan azimat. Selain itu air bekas siraman pusar bisa dijadikan obat apabila si anak sakit mata.
4.           Ngurisang.
Upacara ini sangat penting artinya bagi sebuah keluarga, rambut yang dibawa dari dalam kandungan disebut bulu panas, maka harus dihilangkan. Untuk itu masyarakat Sasak melakukan selamatan; doa atau upacara sederhana yang disebut ngurisang. Pada upacara ini pihak keluarga mengundang para tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh adat untuk membacakan selakaran yang terdiri dari untain doa dan Shalawat Nabi. Biasanya seorang laki-laki atau ayahnya menggendong bayi tersebut sambil berjalan berkeliling di hadapan orang-orang yang sedang membacakan selakaran serta masing-masing yang hadir memotong sedikit rambut sang bayi dengan gunting yang direndam dalam air bunga. Pada upacara ini dikenakan sabuk pemalik yakni alat yang dipergunakan untuk menggendong si bayi: Sabuk pemaliq dianggap keramat karena proses pembuatan dan penyimpanannya berdoa.
Upacara ngurisang biasanya diadakan secara besar-besaran dan diikuti dengan upacara bekekah yaitu memotong hewan qurban disebut begawe kekah. Seringkali terkadang pelaksanaan bekuris agak mundur karena terkait dengan finansial. Namun jika tidak mampu cukup pergi ke dukun beranak yang telah membantu kelahirannya. Dalam hal ini cukup mengantar sesaji (andang-andang) dan sabuk katiq (sejenis umbaq tepi berukuran kecil dengan bentuk masih bersambung). Sabuk ketiq di Sembalun disebut lempot puset sedangkan di Getap disebut sabuk kuning.
Beberapa kelompok masyarakat ada yang melaksanakan upacara ngurisang di pedewaq atau kemaliq (ritual waktu telu) disebut begawe rasul. Sebelum upacara ngurisang dimulai terlebih dahulu dibuatkan umbaq kombong yaitu umbaq yang rumbainya tidak terdapat ikatan kepeng bolong (uang logam China). Jika terdapat ikatan pada rumbainya maka umbaq tersebut dipergunakan pada upacara Ngayu-Ayu di Sembalun. Tenun umbaq kombong dibuat oleh ibu atau nenek yang dipandang memiliki kemampuan secara spiritual dan tidak dalam keadaan kotor. Jika tidak memiliki kemampuan dapat mendatangkan bencana bagi si penenuji
5.           Nyunatang
Nyunatang (Khitanan) selain merupakan acara adat, juga merupakan acara keagamaan dalam hal ini terkenal dengan nama "nyunatang". Pada umumnya suku Sasak memeluk agama Islam yang dalam ajarannya diperintahkan bagi anak laki-laki 'untuk dikhitan (nyunatang). Dalam nyunatang terjadi pertalian antara nilainilai agama Islam dengan tradisi lama yang berkembang dalam suku Sasak, sehingga diadakan pada bulan maulid nabi besar Muhammad SAW. Anak laki-laki yang akan dikhitan biasanya berumur lima tahun atau tujuh tahun; namun dalam praktiknya anak-anak yang berumur empat tahun pun dikhitan. Dalam upacara nyunatang ada beberapa hal yang hatus dilakukan:
a.    Menjelang Nyunatang. Upacara adat nyunatang adalah salah satu upacara yang sangat periting bagi masyarakat Sasak .yang selalu dipestakan disebut begawe. Dalam prosesi begawe ini banyak sekali dilalui berbagai macam acara seperti pergi membersihkan beras ke mata air yang diiringi dengan bunyi-bunyian musik tradisional gendang beleq atau gamelan.
b.    Pelaksanaan Penyunatan. Sehari sebelum peldksanaan nyunatang terlebih dahlilu diambilkan air kemaliq untuk disiramkan ke ujung kemaluan yang akan dipotong, biasanya diiringi dengan, bunyi-bunyian.
Proses penyiraman dan pemandian. dilangsungkan pada tengah malam. Pada keesokan harinya untuk menyenangkan anak yang akan disunat maka anak tersebut diarak dengan praja (kuda/singa kayu) yang diiringi dengan musik dan rombongan yang berpakaian adat. Anak yang akan dikhitan dibawa.ke fempat penyunatan (sepekat). Setelah disunat segera didbati, untuk mengurangi pendarahan pada bekas sunatan, ditaburi bulu kucing yang dicampur dengan kuning telur, supaya lekas kering ditaburi dengan batu karang yang telah ditumbuk halus.
Di Bayan, upacara nyunatang dilaksanakan pada hari Kamis sebagai puncak acara dalam bulan maulid. Hal ini dikaitkan dengan kelahiran seorang rasul pembawa agama Islam. Kegiatan ini bermakna 'simbolis : atas pengakuan, pembentukan dan pembinaan dalam fase awal untuk menjadi seorang muslim. Oleh karena itu, diyakini sangat tepat upacara nyunatang dirangkaikan dengan peringatan akhir kelahiran nabi. Kemudian, untuk keperluan nyunatang dibuatkan pepaosan yaitu balai yang dihias sebagai tempat duduk undangan yang melambangkan derajat upacara resmi. Untuk menghias tempat pepaosan sering digunakan kereng kemaliq (kain 'yang disucikan), sedangkan petugas yang disuruh membuat pepaosan adalah seorang nyaka dan mantri yang didatangkan dari berbagai kampung. Bagi anak-anak di Bayan yang akan dikhitan diharuskan memakai kereng yang khusus ditenun pada bulan Rabiul Awal.


B. UPACARA PERKAWINAN
Adat perkawinan pada masyarakat Lombok dikaitkan dengan upacara sorong serah aji krama. Seorang pemuda (terune) dapat memperoleh seorang istri berdasarkan adat dengan dua cara yaitu: pertama, dengan soloh (meminang kepada keluarga si gadis), kedua, dengan cara merariq (melarikan si gadis). Setelah salah satu cara sudah dilakukan, maka keluarga pria akan melakukan tata cara perkawinan sesuai dengan adat Sasak. Adapun prosesi secara lengkap adalah sebagai berikut:
1.      Mesejati:
Mengandung arti bahwa dari pihak laki-laki mengutus beberapa orang tokoh masyarakat setempat atau tokoh adat untuk melaporkan kepada kepala desa atau keliang (kepala dusun) untuk mempermaklumkan mengenai perkawinan tersebut tentang jati diri calon pengantin laki-laki dan selanjutnya melapor kepada pihak keluarga perempuan.
2.      Selabar:
 Mengandung maksud untuk mempermak-lumkan kepada pihak keluarga calon pengantin perempuan yang ditindaklanjuti oleh pembicaraan adat istiadatnya meliputi aji kerama yang terdiri dari nilai-nilai 3366-100 dengan dasar penilaian uang atau kepeng bolong atau kepeng jamak, bahkan kadangkadang acara selabar ini dirangkaikan dengan permintaan wali sekaligus.
3.      Menjemput Wali:
Menjemput wali adalah menjemput wali dari pihak perempuan bisa langsung pada saat selabar atau beberapa hari setelah selabar dan hal ini tergantung kesepakatan dua belah pihak (kapisuka).
4.      Mengambil Janji:
Dalam pelaksanaan pengambilan janji ini adalah membicarakan seputar sorong serah dan aji krama sesuai dengan adat istiadat yang berlaku di dalam desa atau kampung asal calon mempelai perempuan.

5.      Ajikrama (Sorong Serah):
Berasal dari kata "aji" dan "kerama". Aji berarti nilai dan kerama berarti cara atau adat. Berarti ajikrama artinya nilai adat. Ajikrama disebut juga sorong serah yaitu suatu pernyataan persetujuan kedua belah pihak baik dari pihak perempuan maupun dari pihak laki-laki (take and give). Dalam acara sorong serah ini kedua belah pihak, yaitu pihak lakiGumi Sasak Dalam Sejarah laki mengirim rombongan yang terdiri dari 20 sampai 30 orang mendatangi keluarga pihak perempuan dengan membawa harta benda yang dinamakan gegawan. Rombongan ini disebut penyorong sedangkan keluarga pihak perempuan yang akan menerima disebut penanggap. Macam-macama harta benda yang dibawa penyorong adalah:
a.       Sesirah, berupa barang atau logarn mulia seperti gelang emas. Simbol ini berarti untuk membedakan antara orang bebas dengan budak. Pada zaman dahulu semasih ada perbudakan masih berlaku akan tetapi sekarang ini hanya sebagai perlengkapan saja.
b.      Lampak Lemah: lampak artinya telapak, dan lemah artinya tanah. Dengan demikian, lampak lemah ini berupa uang memiliki makna sebagai penghapus bekas telapak kaki di atas tanah yang pernah dilewati oleh calon mempelai wanita sewaktu ia melarikan dirinya meninggalkan orang tua dan keluarganya.
c.       Pemegat berarti pemutus, berupa uang yang terdiri dari seikat benang bolong yang dipergunakan sesudah semua pembicaraan selesai dengan kata sepakat. Hal ini merupakan bentuk penegasan pada hari itu, telah resmi perkawinan menurut adat antara kedua mempelai.
d.      Salin Dedeng atau tedung arat berupa sebuah ceraken di atasnya diletakkan sebuah buluh yang diruncingkan tetapi sekarang sering dipergunakan semprong lampu, dan sebilah kulit bambu yang tajam lalu diikat sehelai kain yang cukup untuk jadi selendang. Keberadaan benda tersebut memiliki makna persiapan untuk menantikan kelahiran seorang bayi yang dihasilkan dari perkawinan tersebut.
e.       Olen-Olen berupa sebuah peti yang didalamnya diisi dengan bermacam-macam kain atau sarung tenunan tetapi sekarang sering dipakai koper. Benda ini memiliki simbol sebagai pelengkap mungkin terjadi kekurangan akibat dari pembicaraan dalam acara sorong serah secara keseluruhan.
6.      Nyongkolan:
Dalam pelaksanaan nyongkolan keluarga pihak lakilaki disertai oleh kedua mempelai mengunjungi pihak keluarga perempuan yang diiringi oleh kerabat dan handai taulan dengan mempergunakan pakaian adat diiringi gamelan bahkan gendang beleq.
7.      Balik Lampak:
Merupakan salah satu tradisi untuk berkunjung ke rumah orang tua perempuan secara khusus bersama kedua orang tua pihak laki-laki.
C. UPACARA KENATIAN
Dalam siklus kehidupan manusia, peristiwa kematian merupakan akhir kehidupan seseorarig di dunia. Masyarakat meyakini kehidupan lain setelahkematian: Di beberapa kelompok masyarakat dilakukan persiapan bagi si mati. Salah satu peristiwa yang harus dilakukan adalah penguburan. Penguburan meliputi perawatan mayat termasuk membersihkan, merapikan atau mengawetkan mayat. Upacara adat nyiwaq yang dilaksanakan sebelum acara penguburan meliputi beberapa tahapan yaitu:
1.         Belangar Masyarakat Sasak Lombok pada umumnya menganut agama Islam sehingga setiap ada yang meninggal maka proses awal yang` dilakukan adalah memukul beduk dengan irama pukulan yang panjang sebagai pemberitahun kepada masyarakat bahwa ada salah seorang warga yang meninggal, setelah itu maka masyarakat berdatangan baik dari desa setempat atau desa-desa yang lain yang masih dinyatakan ada hubungan famili, kerabat persahabatan dan handai taulan. Kedatang masyarakat ke tempat acara kematian tersebut disebut langar (Melayat). Tradisi belangar bertujuan untuk menghibur teman, sahabat yang ditinggalkan mati oleh keluarganya dengan membawa beras seadanya guna membantu meringankan beban si empunya musibah.
2.         Memandikan Dalam pelaksanaanya, apabila yang meninggal laki-laki maka yang memandikannya adalah laki-laki, demikian sebaliknya apabila yang meninggal perempuan maka yang memandikannya adalah perempuan. Perlakuan pada orang yang meningggal tidak dibedakan meskipun dari segi usia yang meninggal itu baru berumur sehari. Adapun yang memandikan itu bisanya tokoh agama setempat karena ada kaitannya dengan niat dan tata krama kemudian dilanjutkan dengan membungkus j enazah dengan kain putih yang tidak dij ahit yang dirangkaikan dengan acara perpisahan dengan keluarga, karib dan handai taulan yang dipandu oleh keluarga yang meninggal selanjutnya dilanjutkan ke masjiduntuk dishalatkan, dari masjid diberangkatkan ke kuburan.
3.         Betukaq (Penguburan) Adapun upacara-upacara yang dilaksanakan sebelum penguburan meliputi beberapa persiapan yaitu:
a.          Setelah seseorang dinyatakan meninggal maka orang tersebut dihadapkan ke kiblat. Di ruang tempat orang yang meninggal dibakar kemenyan dan dipasangi langit-langit dengan menggunakan kain putih (selempuri) dan kain tersebut baru boleh dibuka setelah hari kesembilan meninggalnya orang tersebut.
b.         Pada hari tersebut (jelo mate) diadakan unjuran sebagai penyusuran bumi (panghormatan bagi yang meninggal dan akan dimasukkan ke dalam kubur), untuk itu perlu penyernbelihan hewan sebagai tumbal. µNelung dan Mitu¶ Upacara irri dilakukan keluarga untuk doa keselamatan arwah yang meninggal dengan dapat diterima disisi Allah Yang Maha Esa dan keluarga yang ditinggalkan tabah mcurmina kenyataan dan cobaan.
 Selanjutnya dilanjutkan dengan upacara nyiwaq dan begawe dengan persiapan sebagai berikut:
a.         Mengumpulkan kayu bakar. Kayu biasanya disiapkan pada hari nelung (hari ketiga) dan mitu' (hari ketujuh) dengan cara perebak kayu (merebang pohon).
b.         Pembuatan Tetaring. Pembuatan tetaring terbuat dari daun kelapa yang dianyam dan digunakan sebagai tempat para undangan (temue) duduk bersila.
c.         Penyerahan bahan-bahan begawe. Penyerahan dari epen gawe (yang punya gawe) kepada inaq gawe. Pembuatan tetaring atau terop dan penyerahannya ini dilakukan pada hari mitu'. Kemudian inan gawe menyerahkan alat-alat upacara.
d.        Dulang Inggas Dingari, disajikan kepada Penghulu atau Kyai yang menyatakan orang tersebut meninggal dunia. Dulang inggas dingari ini harus disajikan tengah malam kesembilan hari meninggal dengan maksud bahwa pemberitahuan bahwa besok hari diadakan upacara sembilan hari.
e.         Dulang penamat, adapun maksudnya simbol hak milik dari orang yang meninggal semasa hidupnya harus diserahkan secara sukarela kepada orang yang berhak mendapatkannya. Kemudian semua keluarga dan undangan, dipimpin oleh Kyai melakukan do'a selamatan untuk arwah yang meninggal agar diterima Tuhan Yang Maha Esa, dan keluarga yang ditinggalkan mengikhlaskan kepergiannya.
f.          Dulang Talet Mesan (Penempatan Batu Nisan) dimaksudkan sebagai dulang yang diisi dengan nasi putih, lank berupa burung merpati dan beberapa jenis jajan untuk dipergunakan sebelum nisan dipasang oleh Kyai yang memimpin do'a kemudian dulang ini dibagikan kepada orang yang ikut serta pada saat itu. Setelah berakhirnya upacara ini selesailah upacara nyiwaq. Masyarakat di Bayan, masih sangat terpengaruh dengan masa pra-Islam.
Dalam melaksanakan upacara-upacara (begawe) misalnya, penentuan arah penempatan sesuatu saat upacara (begawe) akan berbeda tata-cara pelaksanaannya. Kalau begawe yang berhubungan dengan kematian disebut gawe pati, segala sesuatu ditempatkan atau dilaksanakan di sebelah utara Berugaq Agung sedangkan kalau begawe yang berhubungan dengan kehidupan disebut Gawe Urip, prosesi dilakukan sebaliknya. Rangkaian upacara kematian di Bayan yaitu (1) hari pertama disebut nepong tanaq atau nyusur tanaq. Pemberian informasi kepada warga desa bahwa ada yang meninggal,
 (2) hari kedua tidak add kegiatan yang bersifat ritual, (3) hari ketiga disebut nelung penyiapan aiq wangi dan dimasukkan kepeng (uang) bolong untuk dido'akan, (4) hari keempat menyiramkan aiq wangi ke kuburan, (5) hari kelima melaksanakan bukang daiq artinya mulai membaca al-Qur'an, (6) hari keenam melanjutkan membaca alQur'an, (7) hari ketujuh bukang lemaq dengan rangkaian membaca al-Qur'an, (8) hari kedelapan tidak ada acara ritual yang dilaksanakan, (9) hari kesembilan disebut Nyangang disertai dengan perebaq jangkih
UPACARA ADAT UNTUK LINGKUNGAN HIDUP
 Alam sebagai tempat hidup manusia menyediakan berbagai sumber daya untuk menopang hidup dan kehidupan umat manusia. Oleh sebab itu, segala perlakuan terhadap alam perlu diperhitungkan dan dipertimbangkan. Sebelum dan setelah kita mengambil manfaat dari alam, selayaknya kita menyampaikan rasa syukur melalui upacara untuk mendapatkan keberkahan.
A. UPACARA BERTANI
1.             Bercocok Tanam Masyarakat Lombok Timur sejak dahulu kala bermatapencaharian dari bercocok tanam (petani). Dalan budaya Sasak sebelum menanam padi di sawah sebagai bahan makanan pokok mempersiapkan beberapa hal: a. Mempersiapkan bibit yang terbaik dari hasil panen tahun lalu yang ditempatkan pada bagian bawah lumbung, hal ini dimaksudkan supaya bibit tetap terpelihara dengan baik dan tidak dimakan hama. b. Jika musim hujan diperkirakan akan tiba para petani mempersiapkan diri menurunkan bibit dengan menyiapkan daun bikan, sejenis rumput, daun jeringo yang akan digunakan sebagai bubus, selanjutnya air merendam perak dan emas dicampur dengan air rendaman empit (kerak nasi). c. Acara penanaman bibit dengan do'a dan harapan agar buah padi yang ditanam putih seperti perak dan kuning seperti emas. Baru kemudian bibit dihamparkan sebagai bibit. d. Setelah tiba wakunya untuk ditanam, bibit dicabut untuk ditanam secara bergotong royong, tua muda, laki, perempuan. Acara gotong royong sesuai jadwal yang ditetapkan oleh pekasih (petugas pengatur air).
2.             Panen (Upacara Tong-Tong Suit) Upacara ini dilakukan apabila tanaman di sawah sudah waktunya dipanen. Pemilik sawah kemudian mencari pemimpin adat untuk mengadakan upacara. Prosesinya adalah: a. Menyiapkam ancak, yaitu, anyaman dari bambu yang berbentuk segi empat yang digunakan sebagai pengganti nare (dulang). b. Ancak diisi dengan nasi sebatok (seperiuk kecil) dengan dialasi dengan dedaunan. c. Di atas nasi diletakkan lekoq lekes yang terdiri dari daun sirih, buah penang, tembakau dan rokok tradisional. d. Ancak ibuatkan onger-onger dengan daun kelapa yang diikat daun padi. e. Setelah selesai barulah pemimpin adat memberikan do'a. Perlengkapan dibawa ke sawah untuk dipasang atau digantung di tempat saluran air pertama yang masuk ke sawah. Pimpinan adat mulai panen dengan membuat inan pade (induk padi) yang diletakkan atas ancak. Setelah itu panen bisa dilaksanakan. f. Panen diawali oleh pemilik sawah yang diiringi terune dedare (pemuda-pemudi) sambil bekekayaq' (pantun khas Lombok) secara spontan yang menggambarkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, mengambarkan kehidupan muda-mudi, rasa cinta dan kekaguman. Pada saat ini tidak jarang terjadi perjanjian merari' (kawin) antara pemuda-pemudi.
B. UPACARA NGAYU-AYU
Upacara Ngayu-ayu adalah sejenis upacara penghormatan kepada alam. Kodrat manusia adalah mengambil berbagai keperluan hidupnya dari alarn untuk kelangsungan hidupnya, apapun wujud, cara dan media yang dipergunakan pada hakekatnya tidak lepas hubungannya dengan pencipta, lingkungan dan sesama manusia.
Dua kebutuhan manusia yang bersifat mendasar adalah kebutuhan.lahiriah dan bathiniah. Terpenuhinya kebutuhan lahiriah memberikan dampak terhadap kebutuhan bathiniah. Sebagai contoh terpenuhinya kebutuhan sandang, pangan, dan papan akan dapat memberikan ketenangan jiwa dan memiliki rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Dengan harapan itulah upacara Ngayu-Ayu dilaksanakan setiap tanggal 5, 15, dan 25 bulan Rajab di desa Sembalun Lombok Timur. Perhitungan tahun diperhitungkan dengan tahun Sasak yang berputar delapan tahun sekali atau disebut windu. Perhitungan tahun windu dimulai dengan tahun Alif, tahun Ehe, tahun Jimawal, tahun Je, tahun'Da1, tahun Be, tahun Wawu, dan tahun Jumahir. Perputaran tahun disebut tahun penitian sedangkan penyebutan nama bulan memakai nama Hijriyah. Upacara Ngayu-Ayu dilaksanakan oleh seorang Kyai, Pemangku, Krama Desa. Ngayu-Ayu berasal dari kata Rahayu artinya,memohon keselamatan. Upacara Ngayu-Ayu bermula dari keyakinan mAsyarakat penduduk ash Sembalun terhadap Tuhan Sang Penciptq dan kewajiban daripada hamba yang harus menyembah. Latar belakang kegiatan ini, mergka percaya bahwa pada zaman dahulu, Sembalun didiami oleh tujuh pasangan suami istri yang hidup secara primitif tanpa mengenal peradaban. Mereka belum mengenal pakaian dan bertani. Dalam keadaan yang demikian, datanglah dua orarlg yaitu Raden Harya Pati dan Raden Harya Mangujaya yang membawa perubahan kepada tujuh orang tersebut. Salah,"satu pelajaran yang dibprikan oleh kedua pendatang tersebut diawali dengan pertanyaan:  Maukah kalian menjadi manusia yang beradab dan berpakaian?  Maukah kalian hidup di atas tanah ini sebagai manusia selayaknya?  Maukah kalian sebagai manusia yang` menyembah Tuhan sebagai penciptamu? Ketujuhnya menjawab setuju, dan pendatang melanjutkan ajarannya dengan memberikan empat macam pegangan hidup yaitu: 1. Adat dan Agama sebagai pegangan hidup. 2. Kitab al-Qur'an sebagai pedoman adat dan agama. 3. Satu ikat padi merah sebagai makanan. 4. Senjata untuk bertani dan membela diri. Pada saat itu pula mereka diberi sebuah tempat yang dikenal dengan Sembalun.
Di akhir wejangannya kedua orang tersebut memperingati bahwa pada waktu yang akan datang kalian menghadapi peperangan tetapi kalian akan mendapatkan pertolongan. Peperangan tersebut adalah: 1. Perang ketupat yaitu perang melawan iblis. 2. Perang panah beracun. 3. Perang bala'. Dalam peperangan tersebut, orang Sembalun dibantu oleh Raden Ketip, Raden Sayid Hamzah, Raden Patih Jorong. Ketiga penolong itu, dengan mudah mengalahkan iblis dengan melemparkan ketupat sebanyak tiga kali: 1. Lemparan pertama pada tanggal 5 dengan mengucap tanggal lima. 2. Lemparan kedua pada tanggal 15 dengan mengucap tanggal lima belas. 3. Lemparan ketiga pada tangga125 dengan mengucap tanggal dua lima. Ketika lemparan ketiga dilakukan, maka tentara iblis hilang tanpa bekas. Setelah selesai peperangan, Raden Ketip, Raden Sayid
Hamzah, dan Raden Patih Jorong berpesan kepada penduduk tanah Sembalun sebagai berikut: 1. Kamu harus mengambil air setiap kali panen padi sebagai tanda kemenangan terhadap iblis. 2. Setiap tiga tahun sekali kamu harus memotong kerbau sebagai rasa syukur atas kemenangan menghadapi peperangan. Kedua pesan tersebut dilaksanakan dalam upacara peringatan Perang Ketupat yang diperingati setiap tiga tahun sekali oleh masyarakat Sembalun Bumbung sampai sekarang. Inilah yang disebut sebagai upacara Ngayu-Ayu.


KESENIAN TRADISIONAL
Kesenian masyarakat di Gumi Sasak dilakukan untuk memberikan rasa keindahan yang diciptakan oleh anggota masyarakat yang hasilnya milik bersama. Adanya suatu bentuk kesenian merupakan wujud bahwa masyarakat suku Sasak memiliki nilai rasa tentang keindahan yang dituangkan dalam berbagai bentuk seperti dalam pembuatan rumah, dalam kegiatan sehari-hari.
 A. RUMAH TRADISIONAL
Orang Lombok mengenal beberapa jenis bengunan tradisional yang dijadikan sebagi tempat tinggal sekaligus tempat penyelenggaraan berbagai kegiatan adat maupun spiritual keagamaan balk untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan masyarakat. Adapun jenis jenis bangunan tradisional itu seperti bale jajar, bale beleq, bele kodong dan gunung rata. Dari sekian jenis bangunan tempat tinggal tersebut bale jajar-lah yang banyak dipergunakan baik di kota maupun di desa terutama di pedusunanpedusunan. Bale jajar, biasanya bertiang delapan atau dua betas dengan bubungan sepanjang dua meter pada bagian atas yang disebut semoko (bantek), bungus (kuranji). Rumah ini hanya mempunyai satu pintu di bagian depan dan aslinya jarang ada yang berjendela serta terbagi atas tiga buah ruangan. Tiang rumah mi terbuat dari bahan kayu jot, kelapa, nangka, kelapa, dan lain-lain yang dianggap kuat dan bisa bertahan lama yang berfungsi sebagai penopang atau menggambarkan kekuatan. Sedangkan atap terbuat dari ilalang yang diambil di padang rumput yang biasanya terdapat di lereng bukitbukit di Lombok Timur. Atap dari ilalang disebut atap re, sedangkan atap yang terbuat dari daun kelapa disebut atap bobok. Tetapi saat ini, karena perkembangan zaman, masyarakat banyak beralih ke atap genting, seng maupun asbes. Dinding rumah adat Lombok Timur pada umumnya dibuat sendiri oleh pemilik rumah dari bahan bambu. Untuk penguat (tali) dan paku terbuat dari bambu tali. Tinggi biasanya dua meter dengan anak tangga lima susun yang terbuat dari tanah. Di bagian dalam rumah ada ruangan yang disebut sesangkoq yang berfungsi sebagai tempat penerima tamu dan persemayaman jenazah keluarga sebelum dimandikan. Masyarakat Lombok sebelum mendirikan tempat tinggal atau bangunan, mencari hari, tanggal dan bulan tertentu yang dianggap baik. Perhitungan bulan yang dipakai sebagai pedoman adalah bulan atas (Hijriyah). Menentukan hari dan bulan baik ini dimaksudkan sebagai penangkal sial.
B. PAKAIAN DAERAH
 Pakaian adat/khas Lombok Timur sama dengan pakaian adat yang dipergunakan masyarakat Sasak lainnya di pulau Lombok. Secara umum pakaian itu dibedakan menjadi dua macam yaitu pakaian yang dikenakan oleh kaum pria dan wanita. Pakaian adat pria berupa tutup kepala dengan motif-motif tertentu yang dikenal dengan nama sapuq. Sedangkan pakaiannya berupa lengan panjang, celana panjang yang dilapisi di bagiam luar dengan memakai sarung kain sebatas dengkul, kain tersebut biasanya mempergunakan kain tenun asli Lombok Timur. Adapun yang dijadikan asesorisnya adalah sebilah keris nenek moyang yang diselipkan di punggung. Pakaian adat biasanya dipergunakan pada acara-acara adat penobatan.
C. MUSIK DAERAH
Jenis alat-alat musik tradisional Lombok Timur antara lain:
1.         Genggong Alat musik ini termasuk dalam jenis alat musik tiup yang terbuat dari pelepah daun enau. Secara etimologis kata genggong berasal dari kata "geng" (suara tinggi) disebut genggong lanang, dan "gong"(suara Rendah) disebut wadon, sehingga musik gengong selalu dimainkan secara berpasangan. Musik genggong orkestra dapat dimainkan dengan alat musik yang lain secara bersamaan seperti petuq, seruling, rincik dan lain-lain.
2.         Mandolin dan Gambus Mandolin merupakan sebuah alat musik petik tradisional yang mempunyai senar dan dimainkan seperti biola. Sering dipakai untuk mengiringi tari rudat dan lagu-lagu tradisional. Alat musik ini dapat dipadukan dengan alat musik lainnya untuk mengiringi lagu tradisional. sedangkan Gambus juga alat musik petik dengan menggunakan dawai sebagai sumber suara (bunyi) yang digunakan untuk mengiringi lagu-lagu tradisional. Dapat dimainkan secara bersama-sama atau tersendiri.
3.         Rebana Burdah Sebuah bentuk alat musik akulturasi kebudayaan bangsa Arab dengan etnis Sasak. Rebana Burdah dipadukan dengan syair-syair pujian terhadap Allah SWT dan riwayat nabi Muhammad SAW yang dipetik dari kitab karya sastra Arab "aL-Barzanzi".
4.         Barong Tengkok Merupakan salah satu jenis okestra Lombok, terdiri dari kerenceng enam pasang, satu buah gendang dan sebuah petuk. Barong lanang/wadon yang berfungsi sebagai tempat reong sebuah gong, dan tiga buah seruling sebagai pembawa melodi. Disebut barong tengkok karena salah satu alatnya (reong) diletakkan pada bentuk barong yang dibawa dengan tengkokkan.
5.         Alat Musik Gula Gending. Sejenis alat musik pukul khas Lombok Timur, cara membunyikannya dengan tangan. disebut gula gending karena alat ini dipakai untuk mejajakan sejenis makanan yang terbuat dari gula putih. Untuk menarik pembeli, tempat gula (tangkok) dipukul berirama sebagai musik. Dulu alat ini terdiri dari tengkok dan rincik dan dalam perkembangannya ditambah dengan mandolin, gendang dan seruling.
6.         Rebana Gending Rebana merupakan sebuah bentuk alat musik okestra yang merupakan hasil pengembangan kreasi seni dari rebana lima oktaf oleh Amaq Sarah pada tahun 1956.
7.         Gendang Beleq. Disebut gendang beleq karena salah satu alat musiknya adalah gendang beleq (gendang besar). Okestra ini terdiri atas 2 buah yaitu: a. Gendang mama (laki-laki). b. Gendang nine (perempuan) Keduanya berfungsi sebagai pembawa dinamika. Kemudian peralatan yang lainnya adalah (1) sebuah gendang kodeq (gendang kecil), (2) dua buah reong yang terdiri dari reong mama dan reong nina berfungsi sebagai pembawa melodi, (3) sebuah perebak beleq yang berfungsi sebagai alat ritmis, (4) delapan buah perebak kodeq, disebut juga "copek", berfungsi sebagai alat ritmis, (5) sebuah petuk sebagai alat ritmis, (6) sebuah gong besar sebagai alat ritmis, (7) sebuah gong penyentak sebagai alat ritmis, (8) sebuah gong oncer sebagai alat ritmis, dan (9) dua buah bendera merah atau kuning yang disebut lelontek. Gendang beleq ini dulu dimainkan kalau ada pesta-pesta kerajaan, sedangkan kalau perang berfungsi sebagai komandan perang, sedangkan copek jadi prajuritnya. Kalau perlu datu (raja) ikut berperang, di sini patung agung akan digunakan. Sekarang fungsi payung ini ditiru dalam upacara perkawinan. Gendang beleq dapat dimainkan dengan berjalan atau duduk. Komposisi berjalan mempunyai aturan tertentu, berbeda dengan duduk yang tidak mempunyai aturan. Pada waktu dimainkan pembawa gendang beleq akan memainkannya sambil menari, demikian juga pembawa petuk, copek dan lelontek.
8.         Cilokaq. Musik ini terdiri dari berinacam-macam alat yakni: a. Alat petik, gambus ada dua buah masing-masing berfungsi sebagai melodi dan akord. b. Alat gesek, biola ada dua buah berfungsi sebagai pembawa melodi. Gambus terbuat dari kayu gerupuk dan kulit' kambing sebagai resonatornya. Bentuknya menyerupai gitar, hanya pada bagian pertunya tidak berpinggang. Senarnya terdiri dari empat nada, masing-masing satu senar. c. Alat tiup, suling dan pereret yang berfungsi sebagai pembawa melodi. d. Alat pukul, gendang ada tiga buah, masing-masing berfungsi sebagai pembawa irama, pembawa dinamika dan tempo, juga sebagai gong. Rerincik digunakan sebagai alat ritmis. Fungsi okestra ini adalah sebagai hiburan pada acara perkawinan, khitanan atau hari-hari besar nasional dan daerah. Orkestra ini datang ke tempat pesta dengan ditanggap (diupah). Selain itu dapat juga berfungsi sebagai pemberi semangat dalam gotong royong. Dengan gambus ini orang membawakan lagu-lagu untuk pengisi waktu senggang dan pelepas lelah. Berangsur-angsur gambus ditambahkan dan dikombinasikan dengan alat-alat lain sebagai pelengkap irama, melodi dan ritmis la,gu-lagu yang dibawakan. Pada tahun 1948 di sebuah desa yang bernama Lengkoq Kali, kecamatan Sakra, cilokak dipagelarkan sebagi musik okestra. Pagelaran tersebut dipimpin oleh Mami' Srinatih (alm), dan selanjutnya dianggap sebagai pecinta musik cilokaq. Nama cilokaq diambil dari salah satu nama atau judul lagu yang digemari pada saat itu. Namun pendapat yang mengatakan cilokaq berasal dari kata seloka, lebih mendekati kenyataan, karena syair-syair yang dinamakan merupakan seloka. Cilokaq yang ada di Sakra sekarang ini merupakan kelanjutan dari cilokaq yang lahir di desa Lengkoq.Kali 30 tahun yang lalu. Pada tahun 1968 cilokaq lebih dikenal setelah mendapat bimbingan dari seorang pemusik keroncong bernama Lalu Sinarep. la berusaha memasukkan teknik musik keroncong dan lagu-lagu lain ke dalam cilokaq. Sekarang musik cilokaq sudah direkam dan diperjualbelikan di pulau Lombok dan di daerah lain. Lagu-lagu yang dimainkan oleh cilokaq ini umumnya disebut kayak. Kayak merupakan kesenian yang sangat populer di kalangan masyarakat pedesaan di pulau Lombok. Biasanya orang-orang pedesaan melagukan sambil menanam atau memotong padi di sawah. Kayak saat memotong padi disebut kayaq mataq. Kayak mataq merupakan kayak gubahan baru yang terdiri atas empat baris. Dalam membawakannya dapat berisi nasehat-nasehat, percintaan atau ekspresi jiwa lainnya. Pada masing-masing desa, kayaq memiliki ciri tersendiri, namun bagi yang sudah biasa mendengarnya dapat membedakannya. Nama kayak ada yang diberikan menurut tempat lahirnya, misalkan kayak Padamara adalah kayak dari desa Pademara, Lombok Timur. Kayaq yang susunan nadanya non-diatonis, antara lain: Kayak Mataq, Kayak Jor, Kayak Nyati, Kayak Pekosong, Kayak Bayemara, Kayak Padamara, Kayak Mare, Kayak Sakra, Kayak Turun Tangis, Pemban Selaparang, Sandaran, Ngesek Kumambang Pitue, Begur Gati-Gati, Pengeli-Eling, Do Gendang, Jeruk Manis,
Gelung Perade, Musim Ujan. Lagu yang memakai nada diatonis: Genjak, Gending Lampak, Setembe, Amaq Teme, Sembarang Kelor, Lagu Daeng, Lagu Tanjung Luar, Lagu Anton-Anton.
D. TARIAN DAERAH
1.             Tarian Gagak Mandiq Sebuah tari kreasi baru yang sudah dipengaruhi unsur Bali, baik gerakan maupun instrumennya. Ide menciptakan tarian ini karena seringnya pencipta menyaksikan burung gagak sedang mandi. Tari ini berasal dari desa Lenek kecamatan Aikmel, Lombok Timur. Diciptakan sekitar tahun 1956 oleh Amaq Raya (50 tahun), seorang petani dari desa Lenek, kecamatan Aikmel Lombok Timur. Tari ini mengungkapkan bagaimana seekor burung gagak yang sedang mandi, mula-mula terbang lalu turun ke tanah dan mandi. Terbang lagi dan turun lagi. Tari ini merupakan tari tunggal. Nama-nama gerak yang digunakan adalah (1) Ngatang, (berenang) sebagai pembuka tangan direntangkan di depan badan kemudian digerakkan ke samping kiri dan kanan, (2) Nyereksek, menggeser kaki tanpa mengangkatnya dari tanah, (3) Ngunga, gerakkan mandi yang dilakukan sambil duduk, (4) Njontak, gerakkan meloncat, (5) Nyisik, gerakkan menggaruk° badan, (6) Bekerap, mengibaskan sayap untuk menjatuhkan air yang melekat dari badan, (7) Nyebar, gerakan terbang. Penarinya dapat seorang laki-laki atau seorang perempuan yang diiringi gending gagak mandiq dengan irama 2/4. tari gagak mandi termasuk juga tari hiburan yqng dapat dipertunjukkan kapan saja baik siang maupun malam hari. Pakaian penari termasuk sederhana terdiri dari sapuq, bapang, kemben, lambo (selendang kain) dan gelang kana (gelang bahu). Pementasan memerlukan waktu sekitar 5 menit.
2.             Tari Gandrung Gandrung adalah sebuah tarian yang sudah lama berkembang dan dikenal oleh masyarakat Sasak. Menurut seorang sumber, tarian ini sudah dikenal sejak zaman raja Airlangga di Jawa Timur. Pola tariannya pada kala itu tampak luar biasa karena tidak mengikuti pola gerak serta iringan lagu yang sesuai dengan patokan yang lazim. Konon tarian ini lahir pada saat dimana tersedia perangkat gamelan yang baru selesai digunakan dalam sebuah upacara resmi. Para ,prajurit keraton melihat kesempatan untuk bergembira dah mencoba memainkan alat tersebut seadanya. Seorang maju dengan santai untuk menari dalam suasana kerakyatan (dalam kraton suasana serba protokoler dan resmi). Tarian kemudian berlanjut dengan pergantian penari yang berlangsung setelah penari menyentuh tangan salah seorang pengganti yang dikehendakinya dari tepi arena. Dalam perkembangan selanjutnya, pemeran (penari gandrung yang biasanya disebut "gandrung" saja) dilakukan oleh seorang wanita yang menjadi penari utama. Tidak jelas kapan terjadinya pergantian ini. Tetapi seorang gandrung pada saat ini di setiap penampilannya selalu memperkenalkan dengan kata "tiang lanang" dan seterusnya dengan cara menyanyi yang disebut "besandaran" atau "bedede' (merayu). Tari gandrung dilakukan pada sebuah arena yang dikelilingi penonton, diantaranya sekaligus sebagai calon penari (pengibing). Pada dasarnya tari gandrung terdiri atas tiga bagian yaitu: a. Bapangan: pada bagian ini si penari menggambarkan sedang memperkenalkan diri kepada calon penari maupun penonton dengan mengitari arena sampai selesainya gending pengiring yang disebut gending bapangan. b. Gandrungan: pada bagian kedua ini penari bergerak agak lincah mengitari arena dengan kipas di tangan, bagaikan burung elang mencari mangsa. la menari sambil sesekali melirik ke arah penonton terutama pada barisan depan. Pada saat ia akan menyentuhkan kipasnya atau melemparnya kalau tidak bisa dijangkau dengan sentuhan kepada penonton yang dikehendakinya. Ini disebut "nenepek". Yang terkena "tepekan" (sentuhan kipas) segera maju,untuk menjadi pasangan "ngibing" (menari). Ngibing merupakan keterampilan tersendiri dari setiap penonton yang siap ambil bagian dalam pergelaran gandrung. Penari gandrung digambarkan sebagai bunga seperti dikatakan pada lirik yang dinyanyikan sebelum bangkit menari: Tiang lanang beli bagus Beli bagus bau rauh Kasunane tarik bebunga Sedangkan pengibing seolah kumbang yang merindukan bunga.
Dahulu di tengah arena diletakkan obor bambu setinggi satu setengah meter (sekarang digunakan lampu petromak yang sering diletakkan di luar arena). Antara si penari gandrung dengan si pengibing berkejar-kejaran mengelilingi obor tersebut. Ini disebut dengan nama "bekeleongan " atau sesekali saling "kejitin" (main mata) dengan berbatasan obor. Sering pula si pengibing berbuat nakal dengan menyentuh bagian tubuh penari utama, bahkan ada yang mencoba beradu pipi. Untuk menghindari hal itu ia dilengkapi dengan "senjata", yaitu ujung runcing dari gempolan yang merupakan bagian dari hiasan kepala yang disebut gelungan. Kalau pengibing tidak segera menghindar akan kena tusukan benda tajam tersebut. c. Perianom: bagian ketiga ini merupakan bagian perpanjangan dari bagian kedua. Gending pengiring tidak menggunakan seluruh instrumen okestra gandrung. Yang berperan adalah redep dan suling dibantu suara gendang, melengkapi tariannya dengan nyanyian yang disebut "besanderan". Sekarang liriknya tidak lagi dalam bahasa daerah tetapi dalam bahasa Indonesia. Berikut contoh liriknya: Kertas kuning jadi layangan Tiup angin berkibar-kibar Putih kuning rambutnya panjang Seperti bulan bersanding bintang Baru kulihat kapal ku dating Talinya putih menjadi benang Baru ku lihat pacarku datang Hatiku sedih menjadi senang Tari gandrung benar-benar merupakan tari rakyat pada arena terbuka yang dilingkari penonton dan fungsinya semata-mata untuk hiburan. Gandrung tersebar pada beberapa desa di pulau Lombok antara lain Gerung dan Lenek di Lombok Timur. Gandrung "ditanggep" orang untuk pesta perkawinan dan sunatan. Tetapi dewasa ini bergeser fungsinya menjadi hiburan rakyat dalam rangkaian hari-hari besar nasional atau jenis keramaian lainnya yang menghadirkan orang banyak. Instrumen gandrung dalam bentuk okestra terdiri dari pemugah, saron, calung, jegogan, rincik, petuk, terompong, gender, redep, dan suling.

2 komentar:

  1. Mari kita terus menggali sejarah dan budaya sasak semoga ke depannya semakin banyak referensi tentang Lombok

    BalasHapus