assalamualaikum

selamat datang di blog kami semoga apa yang kami sajikan bisa bermanfaat bagi kita semua amin

Kamis, 02 Juni 2011

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)




Mata Pelajaran            : Fisika
Kelas/Semester           : X/2 (Dua)
Pertemuan Ke-            : 1
Alokasi Waktu            :  2 jam pelajaran ( 2 × 45 menit)
Standar Kompetensi   : Menerapkan prinsip kerja alat-alat optik
Kompetensi Dasar      :            Menganalisis alat-alat optik secara kualitatif dan kuantitatif.
Indikator                     :      -    Menjelaskan pemantulan cahaya secara kualitatif dan kuantitatif.
-       Menjelaskan pemantulan cahaya pada cermin datar dan cermin lengkung.

I.            Tujuan Pembelajaran
-       Siswa dapat menjelaskan hukum pemantulan cahaya.
-       Siswa dapat menjelaskan pemantulan cahaya pada cermin datar.
-       Siswa dapat menjelaskan pemantulan cahaya pada cermin lengkung, yaitu cermin cekung dan cermin cembung.

II.         Materi Ajar
-       Pemantulan Cahaya
-       Cermin

III.      Metode Pembelajaran
1.      Informasi/ceramah
2.      Diskusi
3.      Tanya jawab
4.      Eksperimen
5.      Tanya Jawab

IV.      Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Guru membuka pelajaran dengan memberikan motivasi belajar kepada siswa agar dalam semester ini prestasinya dapat meningkat. Kemudian, diteruskan dengan tanya jawab tentang pemantulan cahaya dan cermin.

Kegiatan Inti
-       Guru melakukan diskusi dengan siswa yang disertai tanya jawab untuk mengungkap kembali hukum pemantulan cahaya.
-       Siswa melakukan demonstrasi yang dipimpin oleh guru untuk membuktikan hukum pemantulan cahaya pada cermin datar.
-       Siswa berdiskusi untuk menggambarkan sinar-sinar pada cermin datar.
-       Siswa melakukan demonstrasi untuk menyelidiki hukum pemantulan cahaya pada cermin lengkung, yaitu cermin cekung dan cermin cembung.
-       Siswa melakukan diskusi untuk menggambarkan sinar-sinar istimewa pada cermin lengkung berdasarkan demonstrasi yang telah dilakukan.
-       Siswa mengamati bayangan yang terbentuk pada cermin datar dan cermin cekung, kemudian memberikan kesimpulan sifat-sifat bayangan yang terbentuk dari cermin tersebut.
-       Siswa memberikan contoh penerapan atau fungsi dari cermin lengkung pada kehidupan sehari-hari.
-       Siswa menganalisis jarak fokus cermin, jarak benda, dan jarak bayangan berdasar demonstrasi yang dilakukan.
-       Siswa merumuskan jarak fokus cermin lengkung secara umum.
-       Siswa melakukan diskusi kelompok untuk membahas persoalan yang berkaitan dengan cermin datar dan cermin lengkung serta susunannya.
-       Siswa mengerjakan soal kuis yang diberikan guru.

Kegiatan Akhir
Dengan cara tanya jawab, guru menyimpulkan dan memberi penekanan pada materi pemantulan cahaya dan cermin, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, serta membaca dan memahami materi berikutnya.

V.         Alat/Bahan/Sumber Belajar
Sumber               : Buku Kajian  Konsep Fisika 1 (Tiga Serangkai)
Alat-Alat/Bahan : Cermin datar, cermin cekung, cermin cembung, sumber cahaya, dan papan optik
Sarana/Media     : CD Interaktif Kajian Konsep Fisika 1

VI.      Penilaian
a.       Kuis tertulis
b.      Pengamatan keaktifan siswa pada saat tanya jawab, kinerja keterampilan dalam peragaan dan percobaan serta sikap
c.       Laporan Percobaan
d.      Presentasi

Contoh Soal Kuis
1.      Sifat bayangan benda yang berada di depan cermin datar adalah ....
2.      Sebuah cermin cekung mempunyai titik fokus 15 cm. Jari-jari kelengkungan cermin tersebut adalah ....
3.      Sinar datang sejajar sumbu utama cermin cekung. Sinar tersebut akan dipantulkan melalui ....
4.      Sebuah benda diletakkan 20 cm di depan cermin cekung yang mempunyai jarak fokus 20 m. Besar jarak bayangannya adalah ....
5.      Kaca spion pada kendaraan bermotor merupakan cermin ....
6.      Benda yang diletakan pada ruang II sebuah cermin cekung, sifat bayangannya adalah ....
7.      Agar terbentuk bayangan nyata pada cermin cembung, benda harus bersifat ....
8.      Sinar datang masuk pada pusat cermin cembung maka sinar akan dipantulkan ....

Jawaban Kuis
1.      maya
2.      30 cm
3.      fokus
4.      tak berhingga
5.      cembung
6.      nyata
7.      maya
8.      seolah-olah berasal dari pusat cermin


                                                                                         peseng,   mei 2010
                          Mengetahui                                            Guru Bidang Studi



                          M .H A I Z                                            S A E P U D D I N
                         NIP.08230072                                           NIP.08230036