assalamualaikum

selamat datang di blog kami semoga apa yang kami sajikan bisa bermanfaat bagi kita semua amin

Kamis, 26 Mei 2011

PNPM MANDIRI


PENGENALAN PROGRAM



1.     Jelaskan, disini ada dua gambar tentang kondisi keluarga
2.     Tanyakan PERBEDAAN apa saja yang terlihat dari dua gambar tersebut
3.     Mintalah kepada masyarakat untuk MEMILIH kondisi keluarga mana yang diharapkan?
4.     Tanyakan kepada masyarakat, BAGAIMANA kondisi keluarga kita pada saat ini?
5.     Jelaskan kepada masyarakat beberapa hal berikut :

§        Saat ini desa kita diberi kesempatan untuk terlibat dalam PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN atau yang disingkat pnpm mandiri perdesaan. Program ini dulunya adalah Program Pengembangan Kecamatan (PPK)

§        PNPM Mandiri Perdesaan mempunyai tujuan untuk menigkatkan kesejahteraan hidup masyarakat, yang diwilayah perdesaan. Seperti terlihat pada gambar, bahwa PNPM Mandiri Perdesaan ingin mengubah masyarakat miskin menjadi lebih sejahtera.

§        Siapa yang menjadi sasaran PNPM Mandiri Perdesaan? Utamya adalah keluarga-keluarga miskin yang ada di kecamatan kita.

§        Seperti apa langkah-langkah kegiatannya? Mari kita lihat pada gambar-gambar di lembar berikut ini



PRINSIP PNPM MANDIRI PERDESAAN


1.     Tanyakan GAMBAR APAKAH INI?

2.     Terangkan: Mari belajar dari sapu lidi. Bisakah jika hanya satu lidi untuk menyapu? Tentu tidak bisa. Untuk dapat menyapu, harus mempersatukan banyak lidi. Sama halnya dengan kita. Apakah bisa membangun desa ini hanya seorang diri? Tentu tidak mungkin. Untuk itu, kita harus bersama-sama bekerjasama dalam membangun desa kita. Harus Kompak … !

3.     Jelaskan KUNCI SUKSES kita dalam membagun desa ini adalah SIKOMPAKK AKU LANJUT :

§        SI : Transparansi atau keterbukaan
§        KOM : Keberpihakan pada Orang Miskin
§        PA : Partisipasi
§        K : Kompetisi atau Prioritas
§        K : Kesetaraan dan keadilan Gender
§        AKU : AKUntabilitas
§        LANJUT : keberLANJUTan

Teransparansi atau Keterbukaan, adalah
Masyarakat berhak mendapatkan informasi tentang semua yang terjadi pada setiap langkah kegiatan program.

Tujuannya agar masyarakat dapat berpartisipasi secara penuh dalam merencanakan, melaksanakan, mengawasi, dan melestarikan kegiatan.

Keberpihakan pada Orang Miskin,
Semua kegiatan yang dilaksanakan mengutamakan kepentingan dan kebutuhan masyarakat miskin dan kelompok masyarakat yang kurang beruntung. Yang memilih siapa yang menjadi sasaran penerima manfaat adalah masyarakat  (bapak/ ibu) sendiri. Mengapa? Karena bapak/ ibu-lah yang mengetahui siapa yang layak untuk dibantu atau menjadi sasaran utama dari PNPM Mandiri Perdesaan ini. Bapak/ ibu-lah yang mengetahui dan memahami kondisi, serta kebutuhan masyarakat di desa ini.

Partisipasi atau Keikutsertaan, adalah
Melibatkan masyarakat secara aktif mulai dari mengusulkan kegiatan, memutuskan, melaksanakan kegiatan, mengawasi pelaksanaan dan melestarikan kegiatan.

Kompetisi atau Bersaing dengan Sehat,
Kompetisi atau prioritas usulan dimaksudkan agar kita belajar menciptakan kegiatan yang baik atau berkualitas, mengingat kebutuhan kita yang banyak, sementara dana yang disediakan oleh PNPM Mandiri Perdesaan terbatas. Kita harus memprioritaskan kegiatan yang dapat mengentaskan kemiskinan, mendesak, dan bermanfaat bagi sebanyak-banyaknya masyarakat, terutama masyarakat yang sangat miskin  dengan mendayungkan secara optimal berbagai sumberdaya.

Kompetisi ini bukan untuk menimbulkan konflik atau pertengkaran, tetapi lebih untuk memilih kegiatan mana yang benar-benar sangat dibutuhkan oleh masyarakat banyak .

Kesetraan dan Keadilan Gender. Laki-laki dan perempuan mempunyai kesempatan yang sama untuk berperan di setiap tahap pembangunan dan dalam menikmati secara adil manfaat kegiatan pembangunan tersebut.

Akuntabilitas atau Pertanggungjawaban ….
Pengelolaan kegiatan dilaksanakan secara terbuka dan dipertanggungjawabkan, baik secara moral,teknis,legal maupun administratif, baik kepada masyarakat maupun kepala negara.

Keberlanjutan…
Setiap pengambilan keputusan harus mempertimbangkan kepentingan peningkatan kesejahteraan masyarakat, tidak hanya untuk saat ini tetapi juga di masa depan, dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan .































PENDATAAN RUMAHTANGGA MISKIN (RTM) DAN
PEMETAAN SOSIAL DI DUSUN


1.     Jelaskan, sekarang kita akan membahas langkah pertama dari kegiatan dalam PNPM Mandiri Perdesaan, yaitu Pertemuan Dusun untuk Pendapatan Rumah Tangga Miskin (RTM) dan Pemetaan Sosial.
2.     Tanyakan kepada masyakat: PADA GAMBAR INI, KIRA-KIRA SIAPA SAJA YANG HADIR DALAM PERTEMUAN ?
3.     Tegaskan, bahwa semua anggota masyarakat, baik laki-laki dan perempuan yang ada di dusun atau anggota kelompok, boleh hadir dalam pertemuan ini, semakin banyak yang hadir, semakin baik. Pertemuan ini didampingi oleh Fasilitator Desa (FD)/ Kader Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (KPMD) yang dipilih pada Musyawarah Desa yang lalu, mengikuti pelatihan.
4.     Jelaskan dalam pertemuan Dusun ini, kita akan melakukan Pendataan RTM dan Pemetaan Sosial. Jadi dalam Pertemuan ini, warga dusun akan menentukan ktiteria dan nama-nama kepala rumah tangga yang miskin, setelah itu, kegiatan dilanjukan dengan pemetaan sosial dusun
5.     Tanyakan kepada masyarakat, apakan mereka pernah melakukan Pendataan RTM dan Pemetaan Desa. Tanyakan pula, kira-kira apa manfaat dari Pendataan RTM dan Pemetaan Sosial ini?
6.     Jelaskan bahwa Pendataan RTM dan Pemetaan Sosial ini berguna sebagai alat bantu dalam :

a.      Memastikan bahwa rumah tangga miskin nantinya dapat terlibat dalam setiap tahapan kegiatan, dan mendapat manfaat dari program
b.     Penggalian Gagasan untuk menentukan kegiatan-kegiatan yang dapat memenuhi kebutuhan dan bermanfaat bagi sebanyak-banyaknya warga desa kita, terutama warga miskin
c.     Melaksanakan atau memantau tahapan kegiatan program yang akan kita kerjakan .         


















PENGGALIAN GAGASAN
DI PERTEMUAN KELOMPOK/ DUSUN


1.     Jelaskan, kemudian kita akan membahas langkah selanjutnya dari kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan, yakni Pertemuan Kelompok-Kelompok/Dusun untuk Menggali Gagasan
2.     Tanyakan kepada masyarakat: PADA GAMBAR INI, KIRA-KIRA PERTEMUAN APA SAJA YANG DAPAT DIGUNAKAN UNTUK MENGGALI GAGASAN?
3.     Jelaskan, dalam pertemuan kelompok-kelompok/ dusun ini, kita akan melakukan Penggalian Gagasan. Artinya, semua anggota masyarakat dapat mengajukan gagasan-gagasan kegiatan yang dapat mengatasi permasalahan, atau untuk memenuhi kebutuhan yang selama ini dirasakan banyak orang…
4.     Tegaskan kepada masyarakat, Penggalian Gagasan ini bertujuan untuk Menggagas Masa Depan Desa (MMDD) kita. Tanyakan kepada masyarakat, apakah ada yang sudah mengetahui maksud dari MMDD ini…?
5.     Informasikan, bahwa MMDD merupakan salah satu cara untuk bersama-sama menentukan arah masa depan desa kita, berdasarkan dari potensi sumberdaya manusia dan alam yang ada di sekitar desa, juga masalah-masalahnya. Hanya ibu-ibu dan bapaklah yang tahu persis situasi/kondisi, termasuk rumah tangga miskin (RTM) di desa kita. Oleh sebab itu, kita jugalah yang harus menentukan masa depan desa kita bersama-sama.

Dari MMDD ini, kita diharapkan bisa mendapat gagasan-gagasan kegiatan untuk mendukung masa depan desa kita. Gagasan-gagasan ini nantinya akan menjadi panduan bagi kita dalam menyusun usulan kegiatan atau rencana pembangunan desa …

6.     Jelaskan kepada peserta, semua bentuk usulan boleh diajukan, kecuali usulan yang masuk dalam daftar larangan berikut ini:

a.      Pembangunan / rehabilitasi bangunan kantor/ tempat ibadah
b.     Pembiayaan gaji pegawai negeri
c.     Pembelian kapal ikan yang berbobot diatas 10 ton dan perlengkapannya
d.     Pembelian chainsaw (gergaji mesin), senjata, bahan peledak, dan bahan-bahan lain yang merusak lingkungan
e.      Pembiayaan kegiatan yang mempekerjakan anak-anak di bawah usia kerja (umur kurang dari 15 tahun)
f.       Pembiayaan kegiatan politik/ partai politik
g.     Pembiayaan apa saja yang berkaitan dengan militer atau agkatan bersenjata
h.     Pembelian pupuk kimiawi, obat pertanian   (insektisida,pestisida, herbisida dan sejenisnya)

7.     Berikan kesempatan kepada masyarakat jika ada yang ingin bertanya …

8.     Tegaskan bahwa usulan-usulan dari kelompok-kelompok/dusun ini akan didaftar/ inventarisir. Selanjutnya, usulan-usulan ini akan dirundingkan pada Musyawarah Desa yang akan dilakukan kira-kira pada hari/ tanggal/ tempat di…

9.     Ingatkan pada warga bahwa yang hadir disini diharapkan ikut kembali pada pertemuan Musyawarah Desa nanti, pada hari/ tanggal/ tempat di.... Keistimewaan bagi kaum perempuan dan ibu-ibu, diharapkan juga dapat hadir dalam Musyawarah Khusus Perempuan yang dilaksanakan sebelum Musyawarah Desa…













































MUSYAWARAH DESA


1.     Jelaskan, bahwa gambar ini menggambarkan suasana Musyawarah Desa. Jelaskan juga bahwa sebelum Musyawarah Desa, telah dilakukan Musyawarah Khusus Perempuan. Musyawarah Khusus perempuan ini menghasilkan usulan Simpan Pinjam untuk Kelompok Perempuan dan usulan kegiatan lainnya…

2.     Tanyakan pada masyarakat SIAPA YANG BOLEH IKUT DALAM MUSYAWARAH DESA?

3.     Tegaskan, semua warga desa boleh menghadiri pertemuan ini. Minimal setiap kelompok/ dusun ada yang mewakili. Untuk itu, kelompok/ dusun ini juga harus menentukan siapa yang akan mewakili pada pertemuan Musyawarah Desa nanti

4.     Informasikan, Musyawarah Desa ini akan membahas gagasan-gagasan hasil dari Penggalian Gagasan, sebagai bahan untuk penyusunan usulan desa yang akan diajukan ke Musyawarah Antar Desa (MAD) peroritas Usulan PNPM Mandiri Perdesaan di kecamatan, dan sebagai bahan untuk penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes)

5.     Jelaskan, setiap desa boleh mengajukan paling banyak tiga ( 3 ) usulan.

Tiga usulan dimaksud adalah:

a.     Usulan Simpan pinjam untuk kelompok perempuan
b.     Usulan kegiatan yang diusulkan oleh Musyawarah Khusus Kelompok Perempuan
c.     Usulan kegiatan yang diusulkan dalam Musyawarah Desa

6.     Berikan kesempatan kepada masyarakat jika ada pertanyaan

7.     Informasikan kepada masyarakat, bahwa setelah hasil Musyawarah Desa ditentukan, selanjutnya akan dilakukan Penulisan Usulan dan Penyusunan RPJMDes



Penilaian kelayakan



1.     Jelaskan, usulan dari desa yang disampaikan ke kecamatan ini, akan diuji kelayakannya oleh Tim Verifikasi. Tim ini dibentuk di kecamatan, yang beranggotakan orang-orang yang ahli di bidangnya
2.     Jelaskan bahwa Tim Verifikasi TIDAK diberi tugas untuk menentukan atau memutuskan suatu usulan layak didanai atau tidak, melainkan untuk memberikan rekomendasi kelayakan teknis atau kelayakan ekonomis dan sosial suatu usulan. Yang memutuskan suatu usulan layak/prioritas didanai adalah Musyawarah Antar Desa (MAD) prioritas usulan.
3.     Tim ini akan datang ke desa-desa untuk berdialog dengan kelompok pengusul dan juga akan meninjau rencana lokasi kegiatan. Tim ini akan membantu kita untuk melengkapi atau memperbaiki usulan kita, agar sesuai dengan kondisi yang benar
4.     Tanyakan kepada masyarakat, Apa yang menjadi tugas kita/ apa yang harus kita lakukan saat Tim Verifikasi ini datang? Biarkan mereka menjawab……
Kita harus menyampaikan semua data yang mereka butuhkan dan memperbaiki usulan kita, sesuai dengan petunjuk dari Tim Verivilasi

5.     Ingatkan peserta, bahwa semua usulan yang akan didanai memang harus diverifikasi. Bukan hanya usulan kegiatan fisik…….



MUSYAWARAH ANTAR DESA PRIORITAS USULAN


1.     Jelaskan, setelah Tim Verifikasi bekerja dan membuat rekomendasi atau catatan-catatan atas usulan desa, maka akan dilakukan Musyawarah Antar Desa Prioritas Usulan di Kecamatan

2.     Tanyakan kembali pada masyarakat : APA YANG AKAN DIBAHAS PADA PERTEMUAN INI? SIAPA SAJA YANG BOLEH HADIR?

3.     Informasikan beberapa hal berikut ini:
a.      Setiap desa, dapat mengirimkan enam (6) utusan/wakil warga desa yang dipilih. Utusan-utusan desa ini bukan hanya untuk mempertahankan usulan dari desanya, tetapi juga harus turut memikirkan kebutuhan tingkat kecamatan secara keseluruhan
b.     Musyawarah ini bertujuan menyusun prioritas usulan kegiatan dari desa-desa. Jadi yang menentukan urutan prioritas usulan adalah wakil-wakil desa tersebut, secara Musyawarah dan Demokratis
c.     Juga, memilih Pengurus UPK

4.     Beri kesempatan kepada masyarakat jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan

5.     Lanjutkan informasi untuk menyampaikan kegiatan berikutnya :
a.      Selanjutnya, kelompok pengusul/ pelaku PNPM Mandiri Perdesaan di desa akan menyusun Rencana Anggaran Bisa (RAB) dan desain yang menempati prioritas usulan dibantu oleh fasilitator/ pelaku PNPM Mandiri Perdesaan (Fasilitator Kabupaten/ Kecamatan, Pendamping Lokal, FD/ KPMD)
b.     RAB dan desain ini akan dibahas kembali pada Musyawarah Antar Desa berikutnya atau Musyawarah Antar Desa Penetapan Usulan Kegiatan. Pada Musyawarah ini, akan ditetapkan usulan-usulan desa yang dapat didanai oleh PNPM Mandiri Perdesaan

6.     Ingatkan, agar warga desa tidak kecewa, apalagi emosi jika usulan kelompok/ desa ini nantinya tidak dapat didanai oleh PNPM Mandiri Perdesaan. Kita harus berbesar hati bahwa ada kelompok/ desa lain yang lebih membutuhkannya. Usulan-usulan kelompok/ desa yang tidak terdanai oleh PNPM Mandiri Perdesaan ini dapat diusulkan ke sumber pendanaan lainnya, seperti ke Pemerintah Daerah, swasta, menjadi bahan yang akan diajukan ke Forum Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) dan Musrenbang Kabupaten, atau diusukan kembali pada siklus program berikutnya

7.     Ingatkan kepada peserta, masyarakat memiliki hak untuk memilih/ mengetahui wakil kecamatan yang akan turut dalam Forum SKPD dan Musrenbang Kabupaten



PELAKSANAAN KEGIATAN



1.     Jelaskan, PNPM Mandiri Perdesaan bisa mendanai berbagai kegiatan (open menu), kecuali kegiatan yang termasuk dalam Daftar Larangan (Negative List). Kegiatan-kegiatan yang bisa diusulkan dapat berupa kegiatan penyediaan atau perbaikan sarana/prasarana, termasuk sarana/ prasarana untuk mendukung pendidikan dan kesehatan, kegiatan untuk peningkatan kapasitas, dan kegiatan Simpan Pinjam untuk Kelompok Perempuan.

·        Ingat, usulan yang terdapat di dalam NEGATIVE LIST tidak       bisa didanai

2.     Selanjutnya, tanyakan APA SAJA YANG TERLIHAT PADA GAMBAR INI?

3.     Ingatkan kepada peserta bahwa perempuan dan laki-laki memiliki kesempatan yang sama untuk terlibat dalam pengerjaan kegiatan sarana/ prasarana. Oleh sebab itu, kita harus memberikan kesempatan kepada mereka untuk menentukan bentuk pekerjaan apa yang mau dilakukan


4.     Tegaskan, kegiatan prasarana merupakan dana hibah, sedangkan kegiatan ekonomi adalah pinjaman yang harus dikembalikan untuk kemudian digulirkan ke kelompok lainnya di Kecamatan


KEGIATAN EKONOMI


1.     Tanyakan, ini gambar apa? Informasikan gambar berikut ini adalah gambaran salah satu kegiatan ekonomi

2.     Tanyakan, disini ibu-ibu sedang melakukan kegiatan apa saja?

3.     Jelaskan, gambar ini adalah salah satu contoh kegiatan ibu-ibu dari hasil kegiatan simpan pinjam kelompok perempuan

4.     Tanyakan, APAKAH IBU-IBU SAAT INI TELAH MELAKUKAN KEGIATAN SIMPAN PINJAM?

5.     Informasikan, jika kelompok simpan pinjam ibu-ibu ingin menambah modal, dapat mengajukan usulan pinjaman ke PNPM Mandiri Perdesaan denagn syarat sebagai berikut:


a.      Umur kelompok minimal sudah 1 Tahun
b.     Sudah mempunyai modal pinjaman (dari tabungn/iuran anggota kelompok)
c.     Ada kegiatan simpan pinjam yang sedang berjalan
d.     Ada administrasi kelompok walaupn sederhana dan ada kepengurusan kelompoknya

6.     Tegaskan, bahwa dana simpan pinjam ini bersifat pinjaman yang harus dikembalikan, untuk digulirkan lagi ke kelompok lain yang membutuhkan pinjaman. Oleh sebab itu, kita harus mengembalikannya tepat waktu….


KEGIATAN KESEHATAN, KETERAMPILAN & PENDIDIKAN


1.     Tanyakan, kegiatan apa saja yang terlihat pada gambar ini?

2.     Tanyakan, masalah kesehatan apa saja yang dirasakan oleh masyarakat saat ini?

3.     Tanyakan juga, masalah keterampilan/ pendidikan apa saja yang dirasakan oleh masyarakat saat ini?

4.     Tegaskan, jika bapak/ ibu memiliki masalah-masalah seperti yang baru saja disebutkan, boleh mengajukan usulan kegiatan dibidang kesehatan dan keterampilan

5.     Sebutkan beberapa contoh kegiatan kesehatan, peningkatan keterampilan dan pendidikan yang dapat diusulkan
a.      Contoh kegiatan kesehatan :
i.        Peningkatan kegiatan Posyandu
ii.      Penyuluhan kesehatan
iii.    Kesehatan lingkungan (sarana air bersih, WC/MCK, penampungan air hujan, penyemprotan nyamuk malaria/demam berdarah, dll)
iv.   Sarana penaggulangan bencana, jika daerah tersebut rawan/ sering mengalami bencana
v.     Modal awal pembiayaan kesehatan

b.     Contoh kegiatan peningkatan keterampilan dan bidang pendidikan :
i.        Biaya kursus/ pelatihan keterampilan bagi anak putus sekolah atau kelompok usaha
ii.      Biaya pendaftaran sekolah anak dari orang tua kurang mampu
iii.    Honor guru tidak tetap
iv.   Pembelian ala-alat penunjang belajar mengajar (atlas, globe, kapur tulis, papan tulis, penghapus papan tulis, ala-alat olah raga, dll)
v.     Perbaikan ruang kelas/ sekolah
vi.   Melengkapi ruang kelas ( meja dan kursi)
Lakukan koordinasi dengan pihak sekolah terkait untuk usulan kegiatan beasiswa, pengadaan buku pelajaran, seragam dan lain-lain

6.     Tegaskan, bahwa dana untuk kegiatan kesehatan, peningkatan keterampilan dan pendidikan ini bersifat hibah

7.     Ingatkan kegiatan-kegiatan tersebut diatas harus dikoordinasikan dengan pihak terkait, seperti Puskesmas, Sekolah, Dinas Kabupaten setempat


TRANSPARANSI INFORMASI & PERTANGGUNGJAWABAN


1.     Ingatkan, kunci sukses untuk membangun itu, salah satunya adalah Transparansi/ Keterbukaan

2.     Mintalah masyarakat untuk memperhatikan gambar yang ada diatas. Tunjukkan disana ada tulisan PAPAN INFORMASI PNPM Mandiri Perdesaan

3.     Tanyakan, apakah ada yang sudah pernah melihat Papan Informasi tersebut? Jika ada, tanyakan kepada yang bersangkutan, apa yang dilihat pada Papan Informasi tersebut?

4.     Jelaskan, bahwa Papan Informasi PNPM Mandiri Perdesaan merupakan salah satu cara untuk mewujudkan transparansi/ keterbukaan. Pada Papan Informasi ini seharusnya diisi semua informasi yang berkaitan dengan PNPM Mandiri Perdesaan dan kegiatan warga disini. Masyarakat berhak mengetahui dan membaca semua informasi yang ada di Papan Informasi tersebut, terutama yang menyangkut pertanggungjawaban penggunaan dana

5.     Tanyakan, sebaiknya Papan Informasi ini diletakkan dimana? Siapa yang bersedia ikut membantu membuat Papan Informasi? Siapa yang bersedia membantu mengawasi ketersediaan informasinya? Ucapkan terima kasihkepada warga yang bersedia kut membantu…

6.     Tegaskan, jika semua warga mengetahui setiap perkembangan kegiatan yang terjadi di PNPM Mandiri Perdesaan, masyarakat dapat mengoreksi jika ada kekeliruan atau pelanggaran

7.     Mintalah masyarakat memperhatikan gambar bagian bawah

8.     Selama kegiatan berlangsung, akan diadakan pertemuan bekala untuk Pertanggungjawaban Perkembangan Kegiatan dan Penggunaan Dana, yaitu pada tahap 40 % pertama selesai dan tahap 40 % kedua selesai. Yang terakhir, adalah pertanggungjawaban sekaligus serah terima

9.     Tanyakan, siapa yang harus hadir dala pertemuan-pertemuan ini?

10. Jelaskan tujuan dari pertemuan ini

11. Tujuan pertemuan pertanggunagjawaban adalah untuk mewujudkan transaparansi dan melaporkan penggunaan dana






PELESTARAIAN / PEMELIHARAAN


1.     Mintalah beberapa warga untuk menceritakan kejadian apa yang terlihat pada gambar…

2.     Tanyakan, apa yang harus kita lakukan jika KEGIATAN program sudah selesai dikerjakan?

3.     Tanyakan, apa saja yang harus dilestarikan/dipelihara dari kegiatan:
a.      Prasarana ?
b.     Kegiatan ekonomi/simpan pinjam kelompok perempuan?
c.     Kesehatan?
d.     Pendidikan?

4.     Tanyakan, siapa yang harus melestarikan itu semua?

5.     Perlukah dibentuk panitia/ kelompok kerja/lembaga khusus?

6.     Tegaskan, semua yang sudah kita kerjakan menjadi sia-sia dan kurang bermanfaat, jika pada akhir kegiatan, kita tidak melakukan pemelihraan dan melestarikannya. Jadi, sewaktu pembuatan proposal kegiatan, harus sekalaigus desertai dengan rencana pelaksanaan dan pemeliharaannnya


PENUTUP


1.     Tegaskan sekali lagi, bahwa PNPM Mandiri Perdesaan adalah milik    kita bersama. Sukses tidaknya PNPM Mandiri Perdesaan tergantung dari niat, pertisipasi dan usaha warga semua

2.     Informasikan, setelah kita sama-sama memahami apa itu PNPM Mandiri Perdesaan, mari kita mulai menjalankan…

3.     Langkah pertama yang harus kita lakukan dalah melakukan Penentuan RTM dan Pemetaan Sosial, dilanjutkan dengan Kegiatan Penggalian Gagasan dari Kelompok-Kelompok/ Dusun. Diharapkan, semuanya dapat berpartisipasi…

4.     Tanyakan kepada masyrakat, pertemuan-pertemuan kelompok mana lagi, di wilyah ini, yang dapat diajak untuk melakukan penggalian gagasan?




Tidak ada komentar:

Posting Komentar