assalamualaikum

selamat datang di blog kami semoga apa yang kami sajikan bisa bermanfaat bagi kita semua amin

Selasa, 15 Februari 2011

Mengapa Sulit Menemukan Bukti dari Kerajaan Yang ada Di Lombok

          Jika kita bicara mengenai kerajaan yang ada di Lombok. pastilah yang terlintas di fikiran kita adalah kerajaan Selaparang, tetapi untuk bukti berupa bangunan dan lain sebagainya kita masih sulit untuk menemukannya, baik itu dimana posisi dan lokasi dari kerajaan Selaparang tersebut. kadang kita merasa gundah dan bertanya-tanya dalam hati apakah memang benar kerajaan Selaparang itu ada atau hanya cerita dongeng belaka? tugas kita seharusnya sebagai penerus keturunan dari suku sasak untuk mencari dan menggali informasi tentang hal tersebut.
        Menurut pendapat saya, kita sulit  menemukan bukti dan fakta sejarah mengenai keberadaan krajaan Selaparang karena kurangnya kesadaran dari pelaku sejarah itu untuk bercerita mengenai keadaan yang sebenarnya pada generasi penerusnya. jika kita pernah mendengar cerita dari orang tua kita bahwa sebenarnya bukan saja yang bergelar Lalu adalah keturunan bangsawan melaikan banyak sekali bangsawan yang sengaja tidak menaruh gelarnya, karena pada masa penyerangan oleh kerajaan karangasem bali, semua bangsawan di tangkap oleh prajurit kerajaan bali, saat itulah para bangsawan berinisiatif untuk menanggalkan gelar ke bangsawanannya.
           jadi menurut saya jika kita ingin mengetahui lebih jauh mengenai krajaan yang pernah ada dan memerintah di Gumi Selaparang ini marilah kita sama-sama mencari bukti dan fakta sejarah pada pelaku sejarah itu sendiri, dan saya yakin jika kita mau bertanya mengenai keberadaan dari krajaan selaparang kita akan dengan senang hati di ceritakan.
            demikian tulisan ini saya buat agar kita bisa mengetahui sedikit mengenai sejarah kebudayaan yang ada di Gumi selaparang yang kita cintai ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar