assalamualaikum

selamat datang di blog kami semoga apa yang kami sajikan bisa bermanfaat bagi kita semua amin

Rabu, 06 Juni 2012

foton, fonon, fermion, boson & Plasmon


Foton adalah partikel elementer dalam fenomena elektromagnetik. Biasanya foton dianggap sebagai pembawa radiasi elektromagnetik, seperti cahaya, gelombang radio, dan Sinar-X. Foton berbeda dengan partikel elementer lain seperti elektron dan quark, karena ia tidak bermassa dan dalam ruang vakum foton selalu bergerak dengan kecepatan cahaya, c. Foton mSebagai partikel, foton hanya dapat berinteraksi dengan materi dengan memindahkan energi sejumlah:

    E=\frac{hc}{\lambda},

di mana h adalah konstanta Planck, c adalah laju cahaya, dan λ adalah panjang gelombangnyaemiliki baik sifat gelombang maupun partikel ("dualisme gelombang-partikel").

Fonon dalam fisika adalah kuantum kuantum moda vibrasi pada kisi kristal tegar, seperti kisi kristal pada zat padat. Kristal dapat dibentuk dari larutan, uap, lelehan atau gabungan dari ketiganya. Pembentukan kristal sangat dipengaruhi oleh laju nukleasi dan pertumbuhan. Bila pertumbuhan lambat, kristal yang terbentuk akan cukup besar, disertai dengan penataan atom–atom atau molekul-molekul secara teratur dengan berulang sehingga sehingga energi potensialnya minimum. Fisika zat padat sangat berkaitan erat dengan kristal dan elektron di dalamnya

Fermion
fermion adalah partikel yang memiliki spin setengah ! ( temen2 masih ingat spin kan  . karena memiliki spin setengah fermion tidak bisa berada dalam keadaan dasar semua, artinya pada keadaan dasar fermion masih memilki energi tertinggi, keadaan dasar bisa diartikan pada saat suhunya 0 kelvin, energi tertinggi ini lah yang disebut dengan energi Fermi. contoh partikel fermion adalah elektron, proton, neutron dan lain – lain.

Boson, dinamakan atas Satyendra Nath Bose, adalah partikel-partikel yang membentuk keadaan kuantum komposit simetrik-total. Sebagai hasilnya, mereka menaati statistik Bose-Einstein. Teorem spin-statistik menyatakan bahwa boson memiliki spin "integer". Boson juga satu-satunya partikel yang dapat menempati keadaan yang sama dengan lainnya.

Seluruh partikel dasar adalah boson atau fermion.

Gauge boson adalah partikel dasar yang beraksi sebagai pembawa gaya fundamental seperti boson vektor W dari gaya lemah, gluon dari gaya kuat, foton dari gaya elektromagnetik, dan graviton dari gaya gravitasi.

Partikel terdiri dari sejumlah partikel lain (seperti proton atau nuklei) dapat berupa fermion atau boson, tergantung dari spin totalnya. Oleh karena itu, banyak nuklei merupakan boson.

Contoh boson:

    atom Helium-4
    atom Sodium-23
    Nulei dengan spin "integer"


Plasmon adalah kuantum dari osilasi plasma . Plasmon adalah quasiparticle dihasilkan dari kuantisasi dari plasma osilasi seperti foton dan fonon yang quantizations getaran cahaya dan mekanik, masing-masing (meskipun foton merupakan partikel dasar , bukan quasiparticle a). Jadi, plasmon adalah osilasi kolektif dari bebas gas elektron kepadatan, misalnya, pada frekuensi optik. Plasmon dapat pasangan dengan foton untuk membuat lain quasiparticle disebut plasma polariton .

Karena plasmon adalah kuantisasi dari osilasi plasma klasik, sebagian besar sifat mereka dapat diturunkan langsung dari persamaan Maxwell

1 komentar: