assalamualaikum

selamat datang di blog kami semoga apa yang kami sajikan bisa bermanfaat bagi kita semua amin

Rabu, 26 Oktober 2011


ARTIKEL
TENTANG
“LISTRIK STATIS”







OLEH:
Nama           :    Huswatun Hasanah
Kelas            :    V/a
NPM            :    09230029






PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(STKIP) HAMZANWADI SELONG
TAHUN 2011
MUATAN LISTRIK
Dua macam muatan dengan menggosokkan sebuah gelas dengan sutra dan digantung pada sebuah benang.








Jika batang kedua digosokkan dengan sutra dan dipegang di dekat ujung yang sudah digosokkan pertama, maka batang-batang tersebut akan saling tolak menolak. Sebuah batang pelastik yang digosok dengan bulu akan menarik batang gelas tersebut.
Penggosokan sebuah batang (materi) memberikan sebuah muatan listrik pada batang tersebut dan muatan-muatan pada kedua batang tersebut mengarahkan gaya pada satu sama lain. Muatan-muatan pada gelas dan pelastik haruslah berbeda jenisnya.
Benjamin Franklin (1706-1790) menamakan jenis listrik yang muncul pada gelas “positif” dan pada Plastik “Negatif”.
Disimpulkan:
·         Muatan sejenis tolak menolak
·         Muatan tak sejenis tarik menarik
Setiap zat yang di gosokkan suatu zat lain dibawah kondisi-kondisi yang sesuai akan menjadi bermuatan dengan jumlah muatan tertentu.
Dalam keadaaan normal/netral, materi mengandung muatan listrik positif yang sama banyaknya dengan muatan listrik negative.
Dalam kasus menggosokkan gelas dengan sutra, maka sejumlah kecil muatan berpindah sehingga mengganggu kenetralan listrik masing-masing, gelas menjadi positif dan sutra menjadi negative.
Semua zat/materi disusun oleh atom-atom:
Atom adalah bagian terkecil dari suatu unsure yang masih memiliki sifat unsure tersebut. Atom disusun oleh partikel atau sub atom:
1.      Proton
2.      Neutron
3.      Electron
Partikel
Simbol
Muatan
Massa
Proton
p
+e
1.6726485 x 10-25 kg
Neutron
n
o
1.649543 x 10-27 kg
Elektron
e
-e
9.109534 x 10-31 kg
  

GAYA COULUMB
Gaya coulomb adalah gaya yang di timbulkan oleh adanya intraksi antara dua muatan yang di pisahkan pada jarak tertentu, gaya intraksi itu bisa berupa gaya tarik menarik (jika beda muatan) dan gaya tolak menolak (jika muatannya sama).
Gaya coulomb dinyatakan dengan persamaan sebagai berikut:

                         
Maksudnya:
Gaya akan berbanding terbalik dengan jarak antar dua muatan semakin jauh jarak memisahkan, semakin kecil gaya coulomb itu, mirip dengan intraksi cinta ya? Jika si do’I jauh, rasanya intraksi itu semakin kecil.
Gaya coulomb akan semakin besar jika jarak antara dua muatan diperpendek, atau bisa juga dengan memperbesar nilai muatan. Karena gaya coulomb berbanding lurus dengan muatan

 























Contoh soal:
Bola bermuatan 10 C dan bola lain bermuatan 2 c dua titik pusarnya terpisah sejauh 12 cm. berapakah gaya coulomb antar dua muatan tersebut?
Jawaban:
Dik:     Q1 =10 C
            Q2 = 2 C
            r    = 2 cm =  0,12 m
dit: Fc = ….?
Penyelesaian:
Karena muatan sama-sama positif maka tolak menolak . apabila muatan berbeda akan tarik menarik. Gaya adalah sebuah vector.

MEDAN LISTRIK

Medan listrik adalah suatu daerah yang di pengaruhi oleh suatu muatan. Ibaratnya muatan adalah seorang raja yang berkuasa, jadi medan listrik ibaratnya adalah wilayah kekuasaan sang raja. Sama halnya dengan wilayah kekuasaan, medan  listrik juga terbatas. Jadi wilayah diluar medan listrik adalah wilayah yang tidak dipengaruhi oleh muatan. 
Nilai dari kuat medan listrik dinyatakan dengan persamaan sebagai berikut:
Kuat medan listrik berbanding terbalik dengan jarak antar sebuah titik dengan muatan semakin jauh maka kuat medan listrik akan semakin kecil.
Jika ditinjau dari hubungan antara gaya coulomb dengan medan listrik. Kuat medan merupakan gaya coulomb per satuan muatan

Medan listrik
 
BOLA KONDUKTOR









Bola konduktor akan memiliki kuat medan listrik sbb:

Permasalahan:
Selesaikan permasalahn berikut!
“Tiga buah muatan masing-masing 12 C, 13 C, dan 14 C. berada di setiap sudut segitiga sama sisi dengan panjang sisi 12 cm. berapakah besar medan listrik pada pusat segitiga sama sisi tersebut?”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar