ABSTRAK
Muhammad Ha’iz. Pengaruh Model Pembelajaran Problem
Based Instruction (PBI)
terhadap prestasi belajar fisika pada pokok bahasan gerak lurus siswa kelas X SMA Negeri 1
Labuhan Haji tahun pelajaran 2012/2013. Skripsi. Selong: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP)
Hamzanwadi Selong, Oktober 2012. Pembimbing I Tsamarul Hizbi, M.Pd,
Pembimbing II Badrul Wajdi, M.Pd, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran
Problem Based Instruction
(PBI) terhadap prestasi
belajar fisika pada pokok bahasan
gerak lurus siswa kelas X SMA Negeri 1 Labuhan Haji tahun
pelajaran 2012/2013.
Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain penelitian yang
digunakan yaitu dengan menggunakan true
experimental design. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Labuhan Haji yang berjumlah 7 kelas yakni kelas XA, XB, XC, XD, XE, XF
dan XG. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan adalah dengan menggunakan Claster
Random Sampling, dan yang
terpilih sebagai sampel adalah kelas XE sebagai kelas eksperimen dan XD sebagai kelas kontrol. Sedangkan teknik analisis
data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan uji t.
Setelah analisa data dilakukan, diperoleh harga thitung
= 4,884 dan ttabel
= 1,670 pada taraf signifikasi 5% dengan dk=59. Karena thitung>ttabel (4,884>1,670) maka H0 ditolak dan Ha
diterima yang berarti bahwa pembelajaran
dengan menggunakan model Problem Based Instruction lebih berpengaruh
dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil
pengujian hipotesis di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Instruction ada pengaruhnya terhadap peningkatan prestasi
belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Labuhan Haji tahun ajaran 2012/2013.
Kata Kunci: Pengaruh, Problem Based Instruction,
Prestasi Belajar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar