BAB I
PENDAHULUAN
Komputer merupakan alat modern yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan
sehari-hari. Mulai dari mengerjakan pekerjaan kantor, multimedia,bahkan
hiburan. Dewasa ini perkembangan komputer semakin berkembang dan masih akan
terus berkembang tanpa batas. Kita sebagai manusia mau tidak mau harus
mengikuti perkembangan kemajuan teknologi khususnya bidang komputerisasi agar
kita tidak termakan oleh alat yang kita buat sendiri. Atas dasar itu kami
mencoba membahasnya dalam bentuk makalah dengan harapan dapat berguna bagi
orang lain khususnya bagi kami.
Banyak sekali pembahasan tentang komputer, tapi saya mencoba menulis makalah dengan judul Sistem Komputer
yang di jelaskan secara umum atau garis besarnya saja, jika kami membahas secara
keseluruhan itu membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan referensi yang banyak.
Makalah ini saya susun sangat simpel agar para pembaca mudah
mencernanya dan tidak bosan membacanya, saya selaku penulis mohon maaf jika ada pembahasan yang
kurang tepat dan menyimpang, karena kami masih dalam proses belajar. Selamat
membaca
BAB II
PEMBAHASAN
1. Sistem
Komputer
a. Pengertian
Sistem
Sistem berasal
dari bahasa Latin (systema) dan bahasa Yunani (sustema) adalah
suatu kesatuan yang terdiri komponen atau eleven yang dihubungkan bersama untuk
memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Sistem juga merupakan kesatuan
bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta
memiliki item-item penggerak.
b. Pengertian
Komputer
Komputer
adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah
dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang
perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu,
tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.
c. Pengertian
Sistem Komputer
Sistem
Komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas
dengan menggunakan komputer. Elemen dari sistem komputer terdiri dari
manusianya (brainware), perangkat unak (software), set instruksi (instruction
set), dan perangkat keras hardware).
Dengan
demikian komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem
komputer. Tentu saja hardware tidak berarti apa-apa jika tidak ada salah satu
dari dua lainnya (software dan brainware). Contoh sederhananya, siapa yang akan
menghidupkan komputer jika tidak ada manusia. Atau akan menjalankan perintah
apa komputer tersebut jika tidak ada softwarenya.
Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama:
Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori,
dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini
dihubungkan oleh berkas kawat, "bus".
d. Komponen-komponen Komputer
Komponen – komponen dalam sistem komputer terbagi 3, yang tidak bisa
terpisahkan yaitu :
1.
Hardware (
Perangkat Keras )
•
Processing Device
•
Input Device
•
Output Device
•
Storage Device
2.
Software ( Perangkat Lunak )
•
Operating
System
•
Application
Program
•
Language Program
3.
Brainware (
Orang Yang MengoperasikanKomputer )
1. Hardware ( Perangkat Keras )
Perangkat yang
dapat kita lihat dan dapat kita sentuh secara fisik, seperti perangkat
perangkat masukan, perangkat pemroses, maupun perangkat keluaran. Peralatan ini
umumnya cukup canggih. Dia dapat bekerja berdasarkan perintah yang ada padanya,
yang disebut juga dengan instruction set tadi. Dengan adanya perintah yang
dimengerti oleh mesin tersebut, maka perintah tersebut melakukan berbagai
aktifitas kepada mesin yang dimengerti oleh mesin tersebut sehingga mesin bisa
bekerja berdasarkan susunan perintah yang didapatkan olehnya.
Processing Device (CPU)
CPU ( Central
Processing Unit ) berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan
menguruskan laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau peranti
pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan storan
bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan.
Dalam
komputer-komputer modern, kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu
(IC - Integrated Circuit), yang biasanya disebut CPU (Central Processing
Unit). CPU memiliki fungsi adalah program-program yang disimpan dalam
memori utama dengan cara mengambil instruksi-instruksi, menguji instruksi
tersebut dan mengeksekusinya satu persatu sesuai perintah. Pandangan
sederhananya adalah operasi pembacaan instruksi (fetch) dan operasi pelaksanaan
instruksi ( execute ). CPU memiliki dua bagian utama, yaitu :
1)
ALU ( Arithmetic Logic
Unit )
Unit
Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah
alat yang melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan
sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder juga melakukan
keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi
logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika
tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (≠), kurang dari (<), kurang atau sama
dengan (≤), lebih besar dari
(>), dan lebih besar atau sama dengan (≥) ALU juga dapat melakukan pelaksanaan arimatika (pengurangan, penambahan
dan semacamnya), pelaksanaan logis ( AND, OR, NOT ), dan pelaksanaan
perbandingan (membandingkan dua slot dengan kesetaraan).
2)
CU ( Control Unit )
Unit control, mengatur dan mengendalikan semua peralatan
yang ada pada sistem komputer, kapan alat input menerima data dan kapan data
diolah serta kapan ditampilkan pada alat output. Mengartikan instruksi- instruksi dari
program komputer. Membawa data dari alat input ke memori utama. Mengambil data
dari memori utama untuk diolah. Mengirim instruksi ke ALU jika ada instruksi
untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika. Membawa hasil pengolahan
data kembali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan
disajikan ke alat output.
Selain itu CPU
juga memiliki beberapa alat penyimpanan yang berukuran kecil yang disebut
dengan Register yang memiliki fungsi Alat penyimpanan kecil dgn kecepatan akses
cukup tinggi, yg digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang
diproses, sementara data dan instruksi lainnya yang menunggu giliran untuk
diproses, masih disimpan di dalam memori utama.
Banyak register dalam CPU, masing-masing sesuai dengan fungsinya yaitu :
- Instruction Register ( IR )
Digunakan untuk menyimpan
instruksi yang sedang diproses.
- Program Counter ( PC )
Digunakan untuk menyimpan
alamat lokasi dari memori utama yang berisi instruksi yang sedang diproses.
Selama pemrosesan instruksi, isi PC diubah menjadi alamat dari memori utama
yang berisi instruksi berikutnya.
- General Purpose Register
Punya kegunaan umum yang berhubungan dengan data
yang sedang diproses. Contoh, yang
digunakan untuk menampung data disebut operand register, untuk menampung hasil
disebut accumulator.
- Memory Data Register ( MDR )
Digunakan
untuk menampung data atau instruksi hasil pengiriman dari memori utama ke CPU
atau menampung data yg akan direkam ke memori utama, hasil pengolahan oleh CPU.
- Memory Address Register
Digunakan
untuk menampung alamat data atau instruksi pada memori utama yg akan diambil
atau yg akan diletakkan. Selain register, beberapa CPU menggunakan suatu
cache memory yang mempunyai kecepatan sangat tinggi, agar kerja CPU lebih
efisien. Tanpa cache memory, CPU akan menunggu sampai data/ instruksi diterima
dari memori utama, atau menunggu hasil pengolahan selesai dikirim ke memori
utama, baru proses selanjutnya bisa dilakukan. Padahal proses dari memori utama
lebih lambat dibanding kecepatan register sehingga akan banyak waktu terbuang.
Dengan adanya cache memory, sejumlah blok informasi pada memori utama
dipindahkan ke cache memory dan selanjutnya CPU akan selalu berhubungan dengan
cache memory.
Input and
Output Device
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari
dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik
(hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yang
akrab keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti
webcam (kamera web, printer, scanner, dan sebagainya.
Yang dimiliki oleh semua
alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari
suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer
igital. Alat output, men-decode data ke dalam informasi yang bisa dimengerti
oleh pemakai komputer.
1. Input
Device
Input Device
adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan
data atau perintah ke dalam komputer. Alat-alatnya adalah :
- Keyboard
- Pointing Device
ü Mouse
ü Touch screen
ü Digitizer Grapich Tablet
·
Scanner
·
Microphone
2.
Output Device
Output Device
adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran
sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy
(ke monitor), ataupun berupa suara. Alatnya antara lain adalah :
- Monitor
- Printer
- Speaker
Storage Device
Register CPU
berukuran kecil sehingga tidak dapat menyimpan semua informasi, maka CPU harus
dilengkapi dengan alat penyimpan berkapasitas lebih besar yaitu memori utama.
Terbagi menjadi dua yaitu :
1.
Internal Storage
Adalah media
penyimpanan yang terdapat
didalam
komputer yaitu :
v RAM ( Random
Access Memory )
Untuk
menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu. Dapat diakses secara
acak ( dapat diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya ). Struktur RAM
terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu:
1. Input
Storage
Digunakan
untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.
2. Program
Storage
Digunakan
untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses.
3. Working
Storage
Digunakan
untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
4.
Output Storge
Digunakan
untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat
output.
v ROM ( Read Only Memori )
Memori yang
hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer
pertama kali dinyalakan. Hanya dapat dibaca, tidak bisa mengisi sesuatu ke
dalam ROM, sudah diisi oleh pabrik pembuatnya. Berupa sistem operasi yg terdiri
dari program pokok, seperti program untuk mengatur penampilan karakter di
layar, pengisian tombol kunci papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan
bootstrap program. Program bootstrap diperlukan pada saat pertama
kali sistem komputer diaktifkan (booting), yang dapat berupa cold booting
atau warm booting. Dimungkinkan untuk merubah isi ROM, dengan cara
memprogram kembali, yaitu :
1.
PROM
(Programmable Read Only Memory), yg hanya dapat diprogram satu kali.
2.
EPROM
(Erasable Programmable Read Only Memory), dapat dihapus dgn sinar ultraviolet,
dapat diprogram kembali berulang-ulang.
3.
EEPROM
(Electrically Erasable Programmable Read Only Memory), dapat dihapus secara
elektronik dan dapat diprogram kembali.
2.
External
Storage
Perangkat
keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan & penyimpanan data, di
luar komponen utama, yaitu :
v Floppy Disk
v Hard Disk
v CD Room
v DVD
2. Software ( Perangkat Lunak )
Rangkaian
prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi menyelesaikan masalah yang
dikehendaki. Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh
komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau
instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan
oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.
Ø Operating System
Sistem operasi
atau operating system ialah Program dasar pada komputer yang
menghubungkan pengguna dengan hardware komputerPerangkat lunak yang
dihubungkan dengan pelaksanaan program dan koordinasi dari aktivitas
sistem komputer. Ada beberapa macam sistem
operasi diantaranya adalah :
➦ Linux
➦ Windows
➦ Mac OS
Tugas sistem
operasi termasuk (tetapi tidak hanya) mengurus penjalanan program di atasnya,
koordinasi Input, Output, pemrosesan, memori, serta penginstalan dan pembuangan
software.
Sistem
operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat yang mana
(seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan
servis kepada program lain, seperti kode (driver) yang membolehkan
programer untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail
dari semua alat elektronik yang terhubung.
Ø Application Program
Yaitu program
komputer yang siap digunakan atau disebut juga program siap pakai. Program
paket digunakan untuk aplikasi bisnis secara umum, aplikasi khusus dibidang
industri, aplikasi untuk meningkatkan produktifitas organisasi ayau perusahaan
dan aplikasi untuk produktifitas perorangan. Contoh :
➦ Microsoft Word
➦ Microsoft Excel
➦ CorelDraw X4
·
Language Program
Language
Program atau bahasa pemrograman adalah bahasa yang digunakan oleh manusia untuk
berkomunikasi dengan komputer, karena komputer memiliki bahasa sendiri maka
komputer tidak akan merespon selain menggunakan bahasa Pemrograman, seperti : Bahasa komputer yang digunakan untuk menulis
instruksi-instruksi program untuk melakukan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh
programer, seperti :
ü Visual basic
ü Turbo pascal
ü Delphi
3. Brainware
Brainware
adalah orang yang mengoperasikan sebuah komputer, karena jika tidak ada orang
yang mengoperasikan maka tidak akan dapat digunakan.
2. Operasi
Sistem Komputer
Secara umum, sistem komputer terdiri atas CPU dan sejumlah device
controller yang terhubung melalui sebuah bus yang menyediakan akses ke memori.
Umumnya, setiap device controller bertanggung jawab atas sebuah hardware
spesisfik. Setiap device dan CPU dapat beroperasi secara konkuren untuk
mendapatkan akses ke memori. Adanya beberapa hardware ini dapat menyebabkan
masalah sinkronisasi. Karena itu untuk mencegahnya sebuah memory controller
ditambahkan untuk sinkronisasi akses memori.
Pada sistem komputer yang lebih maju, arsitekturnya lebih kompleks. Untuk
meningkatkan performa, digunakan beberapa buah bus . Tiap bus merupakan jalur
data antara beberapa device yang berbeda. Dengan cara ini RAM, Prosesor, GPU
(VGA AGP) dihubungkan oleh bus utama berkecepatan tinggi yang lebih dikenal
dengan nama FSB (Front Side Bus) . Sementara perangkat lain yang lebih lambat
dihubungkan oleh bus yang berkecepatan lebih rendah yang terhubung dengan bus
lain yang lebih cepat sampai ke bus utama. Untuk komunikasi antar bus ini
digunakan sebuah bridge . Tanggung jawab sinkronisasi bus yang secara tak
langsung juga mempengaruhi sinkronisasi memori dilakukan oleh sebuah bus
controller atau dikenal sebagai bus master .
Bus master akan mengendalikan aliran data hingga pada satu waktu, bus
hanya berisi data dari satu buah device . Pada prakteknya
bridge dan bus
master ini disatukan
dalam sebuah chipset . Jika komputer dinyalakan, yang dikenal dengan nama booting, komputer akan
menjalankan bootstrap program yaitu sebuah program sederhana yang disimpan
dalam ROM yang berbentuk chip CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor).
Chip CMOS modern biasanya bertipe EEPROM(Electrically Erasable Programmable
Read Only Memory), yaitu memori non-volatile (tak terhapus jika power
dimatikan) yang dapat ditulis dan dihapus dengan pulsa elektronik. Lalu
bootsrap program ini lebih dikenal sebagai BIOS (Basic Input Output System) .
Bootstrap program utama, yang biasanya terletak di Motherboard akan
memeriksa hardware-hardware utama dan melakukan inisialisasi terhadap program
dalam hardware yang dikenal dengan nama firmware . Bootstrap program utama kemudian akan mencari dan meload kernel sistem
operasi ke memori lalu dilanjutkan dengan inisialisasi sistem operasi.Dari sini
program sistem operasi akan menunggu kejadian tertentu. Kejadian ini akan
menentukan apa yang akan dilakukan sistem operasi berikutnya ( event-driven ).
Kejadian ini pada komputer modern biasanya ditandai dengan munculnya
interrupt dari software atau hardware, sehingga Sistem Operasi ini disebut
Interrupt-driven. Interrupt dari hardware biasanya dikirimkan melalui suatu
signal tertentu, sedangkan software mengirim interrupt dengan cara menjalankan
system call atau juga dikenal dengan istilah monitor call . System/Monitor call
ini akan menyebabkan trap yaitu interrupt khusus yang dihasilkan oleh software
karena adanya masalah atau permintaan terhadap layanan sistem operasi. Trap ini
juga sering disebut sebagai exception .
Setiap interrupt terjadi, sekumpulan kode yang dikenal sebagai ISR
(Interrupt Service Routine) akan menentukan tindakan yang akan diambil. Untuk
menentukan tindakan yang harus dilakukan, dapat dilakukan dengan dua cara yaitu
polling yang membuat komputer memeriksa satu demi satu perangkat yang ada untuk
menyelidiki sumber interrupt dan dengan cara menggunakan alamat-alamat ISR yang
disimpan dalam array yang dikenal sebagai interrupt vector di mana sistem akan
memeriksa Interrupt Vector setiap kali interrupt terjadi.
Arsitektur interrupt harus mampu untuk menyimpan alamat instruksi yang
di- interrupt . Pada komputer lama, alamat ini disimpan di tempat tertentu yang
tetap, sedangkan pada komputer baru, alamat itu disimpan di stack bersama-sama
dengan informasi state saat itu.
BAB III
PENUTUP
Sistem Komputer adalah
elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan
menggunakan komputer. Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya
(brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan
perangkat keras (hardware).
Komponen – komponen dalam sistem komputer terbagi 3, yang tidak bisa
terpisahkan yaitu :
1. Hardware (
Perangkat Keras )
•
Processing Device
•
Input Device
•
Output Device
•
Storage Device
3.
Software ( Perangkat
Lunak )
•
Operating System
•
Application
Program
•
Language Program
4.
Brainware ( Orang
Yang MengoperasikanKomputer )
Adanya beberapa
hardware ini dapat
menyebabkan masalah sinkronisas. Karena itu dalam operasi sistem komputer untuk
mencegahnya sebuah memory controller ditambahkan untuk
sinkronisasi akses memori. Untuk meningkatkan performa, digunakan
beberapa buah bus . Tiap bus merupakan jalur data antara beberapa device yang
berbeda. Jika komputer dinyalakan Bootstrap program utama akan memeriksa
hardware-hardware utama. Pada komputer modern biasanya ditandai dengan
munculnya interrupt dari software atau hardware, sehingga Sistem Operasi ini
disebut Interrupt-driven.
Demikian yang bisa kami simpulkan, semoga makalah ini bermanfaat bagi
masyarakat pada umumnya dan mahasiswa pada umumnya. Apabila makalah ini
terdapat kekurangan maupun kesalahan dalam penulisan/pembahasan saya mengucapkan mohon maaf.
DAFTAR
PUSTAKA
http://www.perpus-online.co.cc/makalah-sistem-komputer/
http://iwansantosa.files.wordpress.com/2012/04/presentasi-sistem-komputer.ppt.
http://images.indratutriono.multiply.multiplycontent.com/attachment/0/RyE
zpQoKCrsAAHJyOB41/SISTEM%20KOMPUTER.ppt?nmid=63757987.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar