A. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs
1. BAHASA
INDONESIA SMP/MTs
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1
|
Membaca dan memahami berbagai teks nonsastra
(biografi, artikel, berita, iklan, tabel/diagram, bagan, grafik, peta, denah), berbagai karya sastra (puisi, antologi puisi,
cerpen, buku kumpulan cerpen, cerita anak, buku cerita
anak, novel remaja, novel angkatan 20 – 30-an, dan drama).
|
Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks.
|
Menentukan persamaan
isi berita.
|
||
Menentukan perbedaan penyajian berita.
|
||
Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan.
|
||
Menentukan kalimat fakta/opini dalam teks iklan.
|
||
Menyimpulkan isi paragraf.
|
||
Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah.
|
||
Mengidentifikasi unsur
intrinsik puisi.
|
||
Mengidentifikasi unsur
intrinsik cerita
pendek/cerita anak.
|
||
Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel.
|
||
Mengidentifikasi unsur
intrinsik drama.
|
||
2.
|
Menulis dan menyunting teks nonsastra
dengan menggunakan
kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat pribadi, surat dinas, narasi dan pesan singkat, laporan, pengumuman,
petunjuk, rangkuman, teks berita,
slogan/ poster, iklan,
resensi dan karangan, surat pembaca, teks pidato, dan karya ilmiah; menulis
teks sastra dalam bentuk puisi, pantun, dongeng, cerpen, dan drama.
|
Menulis catatan pengalaman pada buku harian.
|
Menulis pesan singkat sesuai konteks.
|
||
Menulis laporan/pengumuman/resensi.
|
||
Melengkapi surat pribadi/surat dinas/surat pembaca.
|
||
Menulis rangkuman.
|
||
Menulis teks berita
sesuai konteks Menulis slogan sesuai konteks.
|
||
Menulis iklan sesuai
konteks.
|
||
Menyusun petunjuk melakukan sesuatu.
|
||
Menulis teks pidato.
|
||
Menulis rumusan masalah
karya ilmiah/saran karya ilmiah/daftar pustaka.
|
||
Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata.
|
||
Melengkapi pantun.
|
||
Melengkapi puisi.
|
||
Melengkapi naskah drama.
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
READING (Membaca) Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report)
dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat
dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa
atau tujuan komunikatif dalam teks fungsional pendek berbentuk caution/notice/warning, greeting card, letter/e-mail, short message, advertisement, announcement, invitation.
|
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat
dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa
atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk procedure.
|
||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat
dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa
atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk descriptive.
|
||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat
dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa
atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk recount.
|
||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi tertentu /informasi rinci, tersurat
dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa
atau pesan moral/tujuan komunikatif dalam
teks berbentuk
narrative.
|
||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat
dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa
atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk report.
|
||
2.
|
WRITING (Menulis)
Mengungkapkan makna secara tertulis teks fungsional pendek dan esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive,
procedure, maupun report)
dan naratif (narrative dan recount)
dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang bentuk recount/narrative sederhana.
|
Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang bentuk descriptive/procedure sederhana.
|
||
Menentukan susunan
kata yang tepat untuk membuat kalimat yang bermakna.
|
||
Menentukan susunan
kalimat yang tepat untuk membuat paragraf yang padu dan bermakna.
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Menggunakan konsep
operasi hitung dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, bilangan berpangkat, aritmetika
sosial, barisan bilangan, serta penggunaannya dalam
pemecahan masalah.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
operasi tambah, kurang,
kali, atau bagi pada bilangan.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan berpangkat atau bentuk akar.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial
sederhana.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret.
|
||
2.
|
Memahami operasi bentuk aljabar,
konsep persamaan linier, persamaan
garis, himpunan,
relasi, fungsi, sistem persamaan linier, serta
penggunaannya dalam
pemecahan masalah.
|
Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan linier atau pertidaksamaan linier satu variabel.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan himpunan.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
fungsi.
|
||
Menentukan gradien, persamaan garis, atau
grafiknya.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel.
|
||
3.
|
Memahami bangun datar, bangun ruang, sudut, serta menggunakannya
dalam pemecahan masalah.
|
Menyelesaikan masalah menggunakan teorema
Pythagoras.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan dua garis,
besar dan jenis sudut, serta sifat sudut yang terbentuk dari dua garis yang di potong garis lain.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis- garis istimewa pada segitiga.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan dua lingkaran.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan atau kongruensi.
|
||
Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kerangka atau jaring-jaring bangun ruang.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang.
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang.
|
4.
|
Memahami konsep dalam
statistika, serta menerapkannya dalam
pemecahan masalah.
|
Menentukan ukuran
pemusatan atau menggunakannya dalam menyelesaikan masalah
sehari-hari.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian atau penafsiran data.
|
||
5.
|
Memahami konsep peluang suatu kejadian serta menerapkannya dalam pemecahan
masalah.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian.
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan besaran pokok, besaran turunan
dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam
kehidupan sehari-hari.
|
2.
|
Menerapkan
konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan konsep massa jenis dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Menjelaskan pengaruh suhu terhadap pemuaian zat yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud
zat dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
3.
|
Mendeskripsikan
dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta
penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum
Newton dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi pada kondisi tertentu.
|
||
Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan besaran fisis yang terkait
dengan
tekanan pada suatu zat.
|
||
4.
|
Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang,
bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari.
|
Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang.
|
Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang berhubungan dengan cermin/lensa atau penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
5.
|
Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan
kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm, Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan besarnya energi atau daya listrik dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub-
kutub yang dihasilkan.
|
||
Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator.
|
||
6.
|
Memahami sistem
tata surya dan proses yang terjadi didalamnya.
|
Menjelaskan fenomena alam yang terjadi akibat perubahan suhu atau peredaran bumi-bulan
terhadap
matahari.
|
7
|
Mendeskripsikan
konsep atom, ion dan molekul dihubungkan dengan produk kimia sehari-hari.
|
Mengidentifikasi atom, ion, unsur, atau molekul
sederhana serta penggunaannya pada produk kimia dalam kehidupan sehari-hari.
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
8.
|
Mendeskripsikan
klasifikasi zat, sifat- sifat, dan perubahannya.
|
Menjelaskan sifat-sifat fisika
dan atau kimia berdasarkan hasil percobaan.
|
Menjelaskan perubahan fisika atau kimia berdasarkan hasil percobaan.
|
||
9.
|
Mendeskripsikan
bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari serta pengaruhnya pada tubuh manusia dan lingkungan.
|
Menjelaskan bahan kimia dan dampak negatifnya bagi tubuh manusia dan lingkungannya.
|
Menjelaskan zat adiktif/psikotropika serta pengaruhnya bagi tubuh manusia.
|
||
10.
|
Mendeskripsikan
ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.
|
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
|
Mengelompokkan
makhluk hidup berdasarkan ciri- cirinya.
|
||
11.
|
Mendeskripsikan
komponen
ekosistem, interaksi antarmakhluk
hidup dalam lingkungan, serta
peran manusia dalam pengelolaan lingkungan.
|
Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem.
|
Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
|
||
Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi
manusia dengan kualitas
lingkungan berdasarkan
hasil pengamatan/kasus.
|
||
12.
|
Menjelaskan sistem organ pada manusia.
|
Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia/penyakit
yang berhubungan dengannya.
|
Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan.
|
||
Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia/penyakit
yang berhubungan dengannya.
|
||
Menjelaskan sistem gerak pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
|
||
Menjelaskan sistem ekskresi/reproduksi
pada
manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
|
||
Menjelaskan sistem saraf/alat indera pada manusia.
|
||
13.
|
Menjelaskan sistem organ dalam kehidupan tumbuhan
|
Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/ organ
pada tumbuhan.
|
Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar.
|
||
Menjelaskan proses
fotosintesis melalui
percobaan- percobaan tentang proses tersebut.
|
||
14.
|
Mengaplikasikan
konsep
pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan,
teknologi dan masyarakat.
|
Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.
|
Memberi contoh adaptasi makhluk hidup/seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.
|
||
Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan hukum Mendel.
|
||
Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar