A.
Pendekatan
Penilaian Acuan Kreteria (PAP)
Pendekatan ini dipergunakan apabila tujuan pembelajaran
menurut kompetensi atau penguasaan tertentu. Misalnya, seorang dinyatakan telah
memiliki kompetensi atau penguasaan tertentu jika telah menguasai materi pelajaran
minimal 65%. Penetapan besaran persentase komptensi minimal ini bergantung pada
patokan yang telah disepakati atau di tentukan.
Dalam bidang pendidikan, khususnya pada bidang pengetahuan
dan keterampilan tertentu digunakan pedoman PAP sebagai berikut.
Tabel PAP dengan Skala 5 (Lima)
Prosentase Penguasaan
|
Nilai Angka
|
Nilai Huruf
|
Predikat
|
90-100
|
4
|
A
|
Sangat Baik
|
80-89
|
3
|
B
|
Baik
|
*65-79
|
2
|
C
|
Cukup
|
55-64
|
1
|
D
|
Kurang
|
0-54
|
0
|
E
|
Sangat Kurang
|
* Dinyatakan Lulus, Jika Minimal memiliki penguasaan 65%
Tabel PAP dengan Skala 11(Sebelas)
Prosentase Penguasaan
|
Nilai Angka
|
Nilai Huruf
|
Predikat
|
95-100
|
10
|
A
|
Istimewa
|
85-94
|
9
|
B
|
Sangat Baik
|
75-84
|
8
|
C
|
Baik
|
*65-74
|
7
|
D
|
Lebih Dari Cukup
|
*55-64
|
6
|
E
|
Cukup
|
45-54
|
5
|
F
|
Hampir Cukup
|
35-44
|
4
|
G
|
Kurang
|
25-34
|
3
|
H
|
Sangat Kurang
|
15-24
|
2
|
I
|
Buruk
|
5-14
|
1
|
J
|
Sangat Buruk
|
0-4
|
0
|
K
|
Sangat Buruk Sekali
|
* Dinyatakan Lulus, Jika Minimal memiliki penguasaan 55%, idealnya 65%
B.
Pendekatan
Penilaian Acuan Norma
Pendekatan penilaian acuan norma dignakan apabila materi pembelajaran
tidak menuntut prosentase penguasaan tertentu dan untuk menentukan kedudukan
seorang peserta didik dalam kelompoknya, sehingga sering disebut “Pendekatan
Acuan Kelompok”. Misalnya, si A menduduki rangking satu di kelasnya, hal ini
menunjukkan bahwa si A adalah orang yang paling pintar di kelas (kelompok)
tersebut. Apabila si A kemudian dimasukkan ke kelompok kelas lain belum tentu
ia mendapat rangking satu. Hal ini
bergantung pada kondisi atau kemampuan peserta didik di kelas yang di masukinya.
Ada beberapa cara untuk menentukan kedudukan peserta didik
dengan pendekatan PAN, yaitu 1). Dengan Simple
Rank (SR), 2). Percentile Rank (PR), 3).
Statistic Mean (M) dan Standard Deviasi (SD), 4) Skoor Z, dan
5).Skor T (T-score).
Cara SR dilakukan dengan mengurut score testee dari
skor tertinggi sampai score terendah, dengan catatan apabila ada dua atau lebih
testee yang memperoleh score sama, mereka harus mendapat nilai atau rangking
yang sama pula. Cara Percentile Rank (PR)
ini merupakan cara menentukan kedudukan testee dalam kelompok dengan skala 100.
Misalnya, si A menduduki PR 85,
berarti mengatasi 85% teman di kelas atau sekitar 85% temannya menduduki
rangking dibawah si A. Percentile Rank diperoleh dengan rumus berikut.
Keterangan:
N= banyaknya testee dalam kelompok.
Misalnya si A dalam kelas menduduki SR = 1 dari 10 orang temannya
di kelas tersebut, Percentile Rank si
A adalah sebagai berikut:
Selanjutnya dengan menggunakan mean (M)
dan standar deviasi (SD), kedudukan atau keberhasilan belajar peserta didik
dapat ditentukan dengan cara berikut ini.
Tabel Pedoman Konversi PAN dengan Skala 3
(Tiga)
M + 1 SD è
M + 3 SD
|
Kelompok Atas
|
M - 1 SD è
M + 1 SD
|
Kelompok Tengah
|
M - 3 SD è
M - 1SD
|
Kelompok Bawah
|
Tabel Pedoman Konversi PAN dengan Skala 5
(lima)
Rentang Skor
|
Nilai Angka/Huruf
|
Predikat
|
M + 1,5 SD è
M + 3,0 SD
|
4 = A
|
Sangat baik
|
M + 0,5 SD è
M + 1,5 SD
|
3 = B
|
Baik
|
M - 0,5 SD è
M + 0,5 SD
|
2 = C
|
Cukup
|
M - 1,5 SD è
M + 0,5 SD
|
1 = D
|
Kurang
|
M – 3,0 SD è
M - 1,5 SD
|
0 =E
|
Sangat Kurang
|
Tabel Pedoman Konversi PAN dengan Skala 9
(sembilan)
Rentang Skor
|
Nilai Angka/Huruf
|
M + 1,75 SD è
M + 3,00 SD
|
9
|
M + 1,25 SD è
M + 1,75 SD
|
8
|
M + 0,75 SD è
M + 1,25 SD
|
7
|
M + 0,25 SD è
M + 0,75 SD
|
6
|
M – 0,25 SD è
M + 0,25 SD
|
5
|
M – 0,75 SD è
M - 0,25 SD
|
4
|
M – 1,25 SD è
M - 0,75 SD
|
3
|
M – 1,75 SD è
M - 1,25 SD
|
2
|
M – 3,00 SD è
M – 1,75 SD
|
1
|
Tabel Pedoman Konversi PAN dengan Skala 9
(sembilan)
Rentang Skor
|
Nilai Angka/Huruf
|
M + 2,25 SD è
M + 3,00 SD
|
10
|
M + 1,75 SD è
M + 2,25 SD
|
9
|
M + 1,25 SD è
M + 1,75 SD
|
8
|
M + 0,75 SD è
M + 1,25 SD
|
7
|
M + 0,25 SD è
M + 0,75 SD
|
6
|
M – 0,25 SD è
M + 0,25 SD
|
5
|
M – 0,75 SD è
M - 0,25 SD
|
4
|
M – 1,25 SD è
M - 0,75 SD
|
3
|
M – 1,75 SD è
M - 1,25 SD
|
2
|
M – 2,25 SD è
M - 1,75 SD
|
1
|
M – 3,00 SD è
M – 2,25 SD
|
0
|
C.
Skor
Baku ( Standar)
1. Skor
Z (Z-Score)
Rumus
2. Skor
T (T-Score)
Rumus
Tidak ada komentar:
Posting Komentar