RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
NAMA SEKOLAH : SDN
3 SAKRA
TEMA :
KEPERLUAN SEHARI-HARI
KELAS/SEMESTER : 3
(TIGA )/ 2 (DUA)
ALOKASI WAKTU : 1 X
60 Menit
I.
STANDAR
KOMPETENSI
4. Memahami berbagai cara gerak benda hubungannya dengan
energi dan sumber energi
II.
KOMPTENSI
DASAR
-
Menyimpulkan
hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oelh bentuk dan ukuran.
III. INDIKATOR
-
Gerak
Benda
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
-
Siswa
dapat mengidentifikasi gerak benda melalui percobaan
-
Siswa
dapat mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi gerak benda.
V.
MATERI
POKOK
-
Gerak
VI. METODE PEMBELAJARAN
-
Tanya
Jawab
-
Diskusi
-
Pemberian
Tugas
VII.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan
Awal (15 Menit)
Apersepsi
-
Mengisi
daftar Kelas berdoa, mempersiapkan materi ajar model dan alat peraga.
-
Mengajukan
beberapa pertanyaan.
a. Guru melakukan percobaan yang ringan yang berhubungan
dengan materi gerak dan siswa disuruh untuk menebak gerakan apa yang terjadi.
b.Bisakah anak-anak menyebutkan beberapa contoh gerak
benda?
2.
Kegiatan
Inti (30 Menit)
-
Guru
bersama siswa melakukan percobaan berbagai gerak benda.
-
Siswa
mengidentifikasi berbagai jenis gerak benda melalui percobaan
-
Guru
membagi LKS dan menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan kelompok
-
Siswa
menjawab hasil percobaan gerak benda yang dilakukan guru bersama siswa dengan menggunakan
LKS
-
Menjelaskan
LKS bersama kelompok dibawah bimbingan guru.
3.
Kegiatan
Akhir (10 menit)
-
Guru
bersama siswa bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui atau difahami
siswa sekitar materi yang di ajarkan
-
Siswa
mengerjakan tugas yang diberikan guru
-
Guru
memeriksa dan membahas pekerjaan siswa
VIII.
Alat
dan Sumber Belajar
a. Sumber belajar
-
Buku
Paket IPA BSE
b. Alat peraga
-
Bola
kasti, kelereng, gambar air terjun
IX. Penilaian
Tes : Tertulis
Bentuk Tes :
Uraian Isian
Soal:
1.
Benda
yang berbentuk bulat bergerak secara......?
2.
Benda
yang dapat memantul biasanya terbuat dari....?
3.
Jika
sebuah pensil yang terletak diatas meja tersenggil secara keras maka akan....?
4.
Benda
yang bergerak dengan mengalir adalah.......?
5.
Kipas
angin listrik bergerak dengan cara.....?
Kunci jawaban:
1.
Menggelinding
2.
Karet
3.
Terjadi
gerakan jatuh
4.
Air
5.
berputar
Sakra,
11 juni 2011
LKS
Ø
Amati
gerak benda-benda disekitarmu dan isi titik-titik yang berada d dalam tabel
dengan hasil pengamatanmu. Kamu dapat melakukan ini secara berkelompok.
No
|
Nama Benda
|
Cara bergerak
|
1
|
Air Sungai
|
Mengalir
|
2
|
|
|
3
|
|
|
4
|
|
|
5
|
|
|
6
|
|
|
7
|
|
|
8
|
|
|
9
|
|
|
10
|
|
|
RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK
NAMA SEKOLAH : SDN
3 SAKRA
TEMA :
KEPERLUAN SEHARI-HARI
KELAS/SEMESTER : 3
B/ 2 (DUA)
ALOKASI WAKTU : 60
Menit
I.
STANDAR
KOMPETENSI
IPS
2. Memahami Jenis pekerjaan dan penggunaan uang
II.
KOMPTENSI
DASAR
2.1 Mengenal
Jenis-jenis Pekerjaan
III.
INDIKATOR
-
Mengenal
jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
-
Siswa
dapat mengenal jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar rumah
-
Siswa
dapat menyebutkan jenis-jenis yang menghasilkan barang
-
Siswa
dapat menyebutkan jenis-jenis yang
mengutamakan jasa
V.
MATERI
POKOK
-
Jenis-jenis
pekerjaan
VI.
METODE
PEMBELAJARAN
-
Tanya
Jawab
-
Diskusi
-
Pemberian
Tugas
VII.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan
Awal (15 Menit)
Apersepsi
-
Mengisi
daftar Kelas berdoa, mempersiapkan materi ajar model dan alat peraga.
-
Memotovasi
siswa untuk mengeluarkan pendapat
-
Mengajukan
beberapa pertanyaan sbb:
a. Guru bertanya kepada siswa tentang pekerjaan orang tua
masing-masing
b.Apakah yang dimaksud dengan pekerjaan?
c. Mengapa setiap orang harus bekerja
2.
Kegiatan
Inti (30 Menit)
-
Guru
mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan
-
Guru
menjelaskan pekerjaan yang di kelola oleh pemerintah dan swasta
-
Membagi
siswa menjadi beberapa kelompok dan membagikan LKS
-
Guru
menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dalam kelompok
-
Siswa
menjelaskan LKS bersama kelompok masing-masing dibawah bimbingan guru.
3.
Kegiatan
Akhir (10 menit)
-
Guru
bersama siswa bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui atau difahami
siswa sekitar materi yang di ajarkan
-
Siswa
mengerjakan tugas yang diberikan guru
-
Guru
dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan
VIII.
Alat
dan Sumber Belajar
a. Sumber belajar
-
Buku
Paket IPS BSE
b. Alat peraga
-
Gambar
jenis-jenis pekerjaan
-
Gambar
pekerjaan yang menghasilkan barang
-
Gambar
pekerjaan yang menghasilkan jasa
IX.
Penilaian
Tes :
Tertulis
Bentuk Tes : Isian
Soal:
Isilah dengan jawaban yang benar
1.
Kita
harus ........................ untuk mendapatkan penghasilan
2.
Jika
kita bekerja dengan disiplin hasilnya akan......................
3.
Tukang
semir adalah pekerjaan yang menghasilkan................
4.
Tukang
jahit adalah pekerjaan yang menghasilkan.....................
5.
Mengajar
atau menjadi guru adalah termasuk pekerjaan yang
menghasilkan...................
Kunci jawaban:
1. Bekerja
2. Sempurna/baik
3. Jasa
4. Barang
5. Jasa
Sakra,
14 Juni 2011
LKS
Ø
Buatlah
daftar pekerjaan orang tua dari teman kelasmu
No
|
Nama Siswa
|
Pekerjaan Orang tua
|
Menghasilkan
|
|
Jasa
|
Barang
|
|||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar